Perbedaan Honda Mobilio Prestige CVT Dengan New Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT


Perbedaan Honda Mobilio Prestige CVT Dengan New Nissan Grand Livina 1.5 XV CVTPerbedaan Honda Mobilio Prestige CVT Dengan New Nissan Grand Livina 1.5 XV CVTAda kesamaan dari kedua mobil ini, yang pertama dari bodi yang berbasis hatchback. Dalam hal ini, Grand Livina berdasarkan pada Nissan Livina XR atau versi lain dari Nissan Note. Kalau Honda Mobilio , Anda mungkin sudah tahu yaitu dari Honda Brio. Kedua, mempunyai penggerak roda depan, tidak seperti Avanza. Yang ketiga, bersasis monokok. Keempat, mesin yang berkapasitas 1.500 cc dan yang terakhir bentuk dan dimensi yang mirip.

Honda Mobilio Prestige CVT.

Setelah ditunggu-tunggu oleh pecinta Honda, Mobilio telah hadir diajang IIMS 2013 yang lalu. Namun, ternyata penampakannya agak mirip dengan sketsa yang pernah diedarkan Honda. Yaitu memiliki lampu belakang yang besar, bumper dan gril yang dibedakan dengan Brio. Namun dengan lampu depan tetap sama. Lekukan pada garis jendela belakang pun yang tidak lazim. Untuk tipe tertinggi adalah Mobilio Prestige, yaitu tipe tertnggi di keluarga Mobilio diatas tipe S, E dan E CVT. Perbedaannya berada dibagian pelek yang lebih mewah. Namun sebenarnya pelek yang terpasang ada Mobilio di IIMS lebih keren dan pas untuk Mobilio.

Tidak hanya itu, namun perbedaan juga ada pada aksen krom di floglamp, pintu samping dan diatas plat nomor belakang. Dalam desain secara keseluruhan sudah bagus, dan bahkan untuk tipe S yang minim aksesoris yang dipadu dengan warna yang memikat. Secara Honda Mobilio tampil lebih keren dari Grand Livina.

 

Untuk desain dasbor pada mobil tidak berbeda dari Brio maupun Brio Amaze, namun tombol audio pada setir juga ditambahkan pula. Head unit bermonitor belum tentu hadir di versi produksi. tidak ketinggalan pada Jok kulit yang absen diprototipe ini apalagi versi produksinya.

Jok Mobilio sama dengan milik Brio, dimana jok menyatu dengan sandaran kepala. Dan, pada baris kedua, Blower AC berada diatap, yang tentunya milik dari Handa Brio, memastikan semua ruang kabin menjadi adem dan ruang kaki pada pengendara dan penumpang sangat luas. Kursi baris ketiga cukup ringkas, yang juga dilengkapi dengan sandaran kepala. Jika Anda mengnginkan ruang bagasi yang lebih luas kursi dapat dilipat.

 

Honda Mobilio juga menghadirkan Double blower, airbag, seatbelt disemua tempat duduk dan reclining seat. Begitu pula dengan sistem keselamatan seperti ABS. Tetapi speaker yang ada di Honda Mobilio disemua tipe hanya ada dua. Untuk pelek alloy diamond-cut 15 inci itu juga belum tentu dimiliki oleh Mobilio versi produksi. Tidak ketinggalan juga, Honda Mobilio Prestige tetap memakai mesin 1.497 cc 118 dk i-VTEC.

Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT.

Grand Livina semakin memikat konsumen dengan penyegaran besar pada Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT. Moncong dan buritan telah berubah drastis, walaupun disisakan sedikit aroma Livina. Mobil ini dibanderol dengan harga 209 juta saat pertama diluncurkan Nissan. varian yang satu ini hanya terkoreksi Rp 3 juta dari yang lama.

Pada bagian belakang ada rasa Eropa dari lampu memanjang pada mobil. Namun tampilanya terasa agak aneh bagi sebagian konsumennya. Font pada emblemnya juga berubah. Untuk bahan bakarnya, Nissan Grand Livina baru lebih irit 13 persen dibanding pendahulunya, dan tenaga meningkat 5 dk. Itu artinya bila sebelumnya GL mencapai 109 tenaga kuda, dan kini menjadi 114 tenaga kuda.

Bila semua Produksi GL 2007-2011 berwarna beige dan 2011-2013 hitam seluruhnya, kini warna pada interior All-New GL beige dan hitam. Setirnya pun berubah dengan menggunakan punya All-New Serena yang bulat dan modern. Tidak hanya itu, Instrumen dan Speedometer juga berubah.

Untuk sistem AC masih tetap sama dan tidak ada lubang AC diatap mobil. Sistem AC dibelakang mengandalkan lubang AC yang ada di konsol tengah. Namun hembusan yang cukup baik membuat dingin merata di setiap baris. Itu juga didukung bentuk atap yang melengkung.

Perbedaan Honda Mobilio Prestige CVT Dengan New Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT
Perbedaan Honda Mobilio Prestige CVT Dengan New Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT

Back Seat Driver.

Apa sajakah pilihan warnanya?
Grand Livina memiliki enam pillihan warna yang dapat Anda pilih sesuai keinginan, yaitu putih, silver, abu-abu, hitam, biru tua dan marun (kecuali X-Gear). Kalau warna pada Honda Mobilio ada warna putih, silver, abu-abu, hitam, emas, biru dan coklat khas Mobilio.

Berapakah rentang harganya?
Honda Mobilio dibanderol dengan harga Rp.159,5 juta hingga Rp.198 juta. Nah, untuk Grand Livina sendiri rentangnya lebih besar lagi, yaitu Rp.179 juta hingga Rp.260,5 juta.