CB150R Versi Fairing Yang Mampu Bersaing Dengan Yamaha R15


CB150R Versi Fairing Yang Mampu Bersaing Dengan Yamaha R15Persaingan motor sport 1500 cc didunia otomotif Indonesia maki sengit dan panas di tahun 2014. Walaupun motor sport sebelumnya ramai yang memiliki keunggulan tersendiri. Sekarang ini dikabarkan akan ada dua penantang motor sport 150 cc yang akan beredar di Tanah Air. Dua pendatang baru yang berasal dari dua pabrikan raksasa di Indonesia yaitu Yamaha dan Honda ini akan masuk sebagai motor sport fairing.

Inilah kedua motor sport 150 cc yang akan bersaing di kelasnya. Astra Honda Motor (AHM) telah dikabarkan akan meluncurkan Honda CB150R full fairing dengan nama CB150R 2014 Sedangkan dari pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan meluncurkan Yamaha R15 yang menjadi versi fairing dari New V-Ixion Lightning.

Kalau Yamaha R15, sudah banyak informasi yang telah beredar, seperti spesifikasi dan detail mesinnya sendiri maupun tampilannnya. Tidak hanya itu, Yamaha R15 versi Indonesia pun sudah terlebih dahulu dirilis di Thailand tepatnya di gelaran Thailand Motor Show 2014 kemarin.

Yang lebih memanaskan persaingan di kelas ini adalah pihak AHM yang tidak merelakan Yamaha R15 meluncur sendirian ke pasaran Indonesia. Pihaknya pun ternyata diam-diam sudah mempersiapkan CB150R versi lokal dengan kode produksi K45 untuk menjadi pesaing Yamaha R15 di Indonesia. Penasaran dengan CB150R yang menjadi versi fairing CB150R ini? Berikut ulasannya.

 

1. Desain Fairing.

Desain fairing dari CB150R terbaru ini, menggunakan desain yang agak mirip dengan CBR250 atau CBR300. Memang hal ini sangat mungkin dilakukan sebab frame yang digunakan CB150R sendiri memang identik dengan CBR250 yang frame yang dimilikinya sama-sama berbasis teralis.

 

Dengan diusungnya desain fairing seperti ini, CB150R tidak akan kalah sporty dengan penampilan YZF R15 milik Yamaha yang sebelumnya telah mulai diperkenalkan Yamaha di layar kaca Indonesia melalui acara MotoGP di salah satu stasiun televisi swasta.

2. Headlamp.

Penggunaan pada headlamp menggunakan milik CBR 250. Akan tetapi CB150R versi lokal ini diprediksi akan menggunakan lampu dual head lamp atau lampu utama ganda di bagian depan. Penampilan CB150R akan tampak lebih keren dibanding CBR250 yang beredar di Indonesia saat ini. Namun, masih belum diketahui pasti headlamp CBR150 ini nantinya, akankah bakal sama dengan headlamp yang digunakan di Vario Techno 125?

3. Mesin.

Jika kita melihat dari mesin yang digendongnya, AHM tampaknya mengusung basis mesin yang sama seperti yang diusung CB150R sebelumnya. Hal ini memang masuk akal jika dilihat dari kompetitor yang masih mengusung mesin 150cc SOHC di Yamaha R15. AHM tentu masih unggul dengan mesin CB150R yang mengusung teknologi DOHC di mesin 150cc dengan enam percepatan yang dimilikinya.

4. Knalpot.

Knalpot dari CB150R ini akan berbeda dengan yang disematkan di CB150R sebelumnya. Pebedaannya ada pada cover pelindung dan memiliki desain moncong yang lebih sporty.

5. Harga.

Ketentuan harga menjadi salah satu pertimbangan setiap konsumen untuk membeli tunggangan baru. Untuk CB150R versi lokal ini, diperkirakan jika pihak AHM bakal mengedarkan motorsport terbaru mereka ini dengan kisaran harga di bawah Rp 30 juta. CB150R yang ditargetkan untuk menjadi kompetitor utama Yamaha R15 ini tentu bakal dibanderol harga yang mepet dengan kompetitornya tersebut.

Sementara itu, isu yang beredar dikalangan menyebutkan jika Yamaha R15 bakal di pasarkan dengan kisaran harga Rp 25 jutaan. Bukan kah menarik jika nantinya ada dua motor sport fairing baru yang bisa dibeli dengan kisaran harga Rp 25 jutaan saja?

6. Tanggal perilisan.

Untuk tanggal rilis nya sendiri, diperkirakan AHM akan merilis versi fairing dari CB150R ini pada semester kedua 2014 atau sekitar bulan Juni mendatang. Memang perkiraan perilisan ini dirasa masuk akal mengingat Yamaha R15 yang bakal dirilis satu bulan sebelumnya atau Mei mendatang.

Apakah kedua motor sport terbaru ini akan menjadi primadona baru bagi para rider pecinta motor sport di Tanah Air?