Mengaplikasikan Tabung Sok Depan Yamaha X-Ride Dengan Supra X 125 Cocok Untuk Adventure Offroad


Mengaplikasikan Tabung Sok Depan X-Ride Dengan Supra X 125 Cocok Untuk Adventure OffroadDisini kita masih membahas soal kaki-kaki, jika Anda ingin menggunakan Yamaha X-Ride untuk kegiatan adventure offroad, khususnya yang tertantang dengan bermain di arena lumpur maka dari itu, bagian sok depan harus digantikan untuk keperluan tersebut. Dengan menggunakan pelek bawaan berlingkar 14 inci, tentunya tidak perlu melakukan banyak perubahan pada sok depan X-Ride. Hanya pada penentuan berapa banyak oli yang dimasukkan dalam tabung. “Kalau urusan lembut atau kerasnya sok, tergantung dari kebiasaan dari ridernya,” papar Cecep Didin dari klub adventure trail Ur-Off, Purwakarta.

Sebelumnya X-Ride dengan pelek bawaan dan ban pacul di areal trek tanah kawasan Hambalang, Sentul. Dengan pelek kecil, ternyata malah membuat X-Ride kurang lincah melibas trek tanah. Dengan alasan yang sama, Cecep Didin yang biasa disapa pak guru menyarankan untuk ganti dengan pelek yang ukurannya 17 inci. “Itu dari pengalaman saat pertama kali main adventure offroad, pakainya skutik Yamaha Mio. Beda jauh saat pakai pelek 14 inci dan kemudian diganti dengan 17 inci,” jelasnya.

Penggantian pelek berlingkar 17 inci, tentunya membutuhkan penyesuaian pada sektor kaki-kaki bagian depan. Membutuhkan sok yang lebih panjang, agar ban tidak mentok atau menggerus cover bodi depan. Pak Guru dari Ur-Off itu sudah melakukan eksperimen pada Mio tunggangannya dan sudah beberapa kali dipakai menggaruk trek tanah seputaran Purwakarta. Eksperimen yang dilakukan adalah dengan mengganti as sok depan X-Ride dengan bawaan Honda Supra X125.

“Diameter yang dimilikinya sama dengan Mio, sehingga tidak perlu ada perubahan saat pemasangannya. Tabungnya tetap pakai bawaan Mio dan kalau tabungnya X-Ride sama dengan Mio, tidak perlu ganti juga,” papar pak guru.

 

Meskipun pengerjaannya tinggal pasang, bukan berarti langsung bisa dipakai. Ternyata dengan tetap menggunakan per standar Mio, belum bisa maksimal buat bermain adventure offroad. Alhasil per Mio ikut alias dipensiunkan. Sebagai gantinya, per bawaan Supra plus sulingannya yang dipasang dalam tabung Mio.

“Penggantian tersebut juga masih terasa kurang. Oleh karena itu ada yang menyarankan untuk mengganjal bagian bawah sulingan Supra X125 yang dipasang ke tabung Mio. Pen piston bawaan Supra X125 yang dijadikan pengganjal sulingan sok bagian bawah,” tambah pak guru. Dengan mengganjal bagian bawah sulingan, baut L yang ada di bawah tabung sok wajib diganti dengan yang lebih panjang. Paling akhir adalah soal kebutuhan oli sok dan itu masih tetap tergantung dengan keinginan pengguna X-Ride.