Keunggulan Yang Dimiliki Dodge Journey Family Luxury Crossover


Keunggulan Yang Dimiliki Dodge Journey Family Luxury CrossoverAwal februari tahun lalu, Chrysler Indonesia (PT Garansindo Inter Global) langsung menggoncangkan pasar Sport Utility Vehicle (SUV) dengan tiga varian Dodge Journey sekaligus. Tak banyak perubahan memang dari ketiganya, lebih pada penyempurnaan eksterior. Pantas jika Garansindo tidak menaikkan harga jual, alias tetap sama banderolnya dengan model tahun lalu.

Walau sedikit ‘berdandan’, Chrysler Indonesia telah memformulasikan segmentasi baru untuk Dodge Journey. Diberi nama FLC, yang merupakan akronim dari Family Luxury Crossover, mobil berkapasitas 7-kursi ini akan menjadi ikon baru jenis mobil keluarga.

“FLC merujuk pada sebuah mobil keluarga impian. Bagi si Ayah, mobil ini memiliki handling dan pengendaraan yang baik. Untuk ibu, mobil ini mengakomodir ruang simpan yang lengkap dan nyaman. Untuk si anak, mobil ini lega dan tidak membosankan,” ujar Rieva Muchsin selaku Chief Marketing Officer dari Chrysler Indonesia.

Pengarahan segmentasi ini juga menjernihkan kembali makna crossover yang akhir-akhir ini mulai bias di dunia mobil Tanah Air. Dodge Journey, menjelaskan makna crossover sesungguhnya yakni memiliki utilitas MPV dan body style SUV.

 

Beberapa perwujudan antara lain, pada eksterior yakni emblem grille semua varian dilengkapi aksen dua garis merah (red stripe) dimana sebelumnya, emblem red stripe hanya untuk Luxury dan Platinum.

Kemudian, desain velg, dimana tahun lalu berbentuk palang lima sekarang berdesain lebih unik dengan pangkal berpalang lima namun berujung sepuluh palang. Perubahan desain ini membuat Dodge Journey 2013 FLC tampil lebih dinamis.

 

Masih di eksterior, kali ini handle pintu dan roof-rail atau roof-rack dilengkapi aksen krom untuk meningkatkan citra kecemerlangan sang SUV keluarga ini.

Rasio setir juga ikut dirubah, untuk menyempurnakan akurasi handling dan pengendaraan. Dodge Journey 2013 FLC dibekali 2.4L, DOHC, VVT yang bertenaga 174 hp dengan torsi puncak mencapai 225 Nm. Sedangkan di bagian teknis, ukuran kaliper piston disesuaikan dengan brake swapt piringan rem cakram yang kini lebih lebar. Dua caliper untuk cakram depan dan single caliper untuk cakram belakang.

Fitur interior, Family Crossover ini memiliki fitur unik yang dijuluki Uconnect. Kemampuannya dimulai dari pairing bluetooth yang bisa mengkoneksikan 7-nomor ponsel berbeda. Dibanding head unit sejenis, yang rata-rata hanya mengkoneksikan 1-2 jenis ponsel.

Dodge Journey 2013 FLC tersedia dalam 3 pilihan model. Dodge Journey SXT (dengan head unit 4.3 inci), Dodge Journey SXT Luxury (yang dibalut head unit 8.4 inci) dan Dodge Journey SXT Platinum. Untuk varian termewah SXT Platinum sendiri terpasang dua monitor 8.4 inci pada dashboard dan 9 inci pada plafon tengah, serta GPS navigasi.

Semua varian memiliki stereometri kabin yang ditata dengan baik. Akses kabin dipermudah berkat sudut bukaan pintu tengah yang mencapai 90 derajat. Begitu pun sudut buka lift gate – pintu belakang yang mencapai 220 derajat. Dengan sudut yang lebar ini, maka orang dengan tinggi 170 cm ke atas, tidak perlu merunduk saat akses ke kabin.

Dodge Journey 2013 FLC menyenangkan hati pengendara lewat meter cluster yang didesain atraktif dan dilengkapi back-lit meters, yang memberikan tampilan mewah serta mudah dibaca. Sistem audio dikendalikan via stang kemudi, untuk mengatur volume, track lagu, frekuensi radio dan sound mode controls. Di antara dua cluster terdapat EVIC (Electronic Vehicle Information Center), dengan menu tampilan atraktif, guna membantu pengemudi memantau kondisi mobil (tekanan angin ban, radiator, suhu transmisi, tekanan oli dan lainnya).

Pilihan dan konfigurasi penumpang 7-seater dengan leg room (ruang kaki) dan head room (ruang kepala) yang luas tanpa mengurangi volume bagasi, yang tercatat 784 liter (dalam keadaan kursi tegak), 1.461 liter (di belakang baris kedua saat kursi ketiga terlipat) dan 1.962 liter (semua kursi terlipat). Ukuran ini, di atas rata-rata family crossover sekelasnya.

Untuk keamanan, standarisasi safety bagi semua varian Dodge Journey 2013 FLC terdiri dari Active head restraints, driver side inflatable knee blocker dan LATCH child seat anchors (dudukan kursi balita). Fitur lainnya adalah ESP (Electronic Stability Control plus Traction Control), ABS, EBD dan Brake Assist (yang aktif mulai dari kecepatan rendah). Selain itu, airbag untuk pengemudi, penumpang depan dan sisi lutut pengemudi serta side-curtain airbags untuk setiap baris kursi penumpang. Sehingga total, tercatat 9-airbags. Dodge Journey SXT Luxury dan SXT Platinum, telah dimodali ParkSense (sensor parkir) dan ParkView (kamera pantau mundur), yang akan tampil di layar head unit 8.4 inci.