Penantang Yamaha R15 dari Honda Siap Ready to Roll Tahun Ini


Penantang Yamaha R15 dari Honda Siap Ready to Roll Tahun IniTeka-teki lahirnya penjegal Yamaha R15 dari Honda akhirnya mulai terkuak. Sumber internal PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan bahwa R15 tidak akan dibiarkan bertengger diatas dengan sendirinya dan berlama-lama menikmati pasar motor sport 150 cc sendirian. Tahun ini juga, motor sport 150 cc penantang baru Yamaha R15 dari Honda akan diluncurkan.

”Saya bisa mempertanggungkan tahun ini (2014). Begitu juga proses produksinya,” papar sumber tanpa mau menyebut detail waktunya. Pernyataan tersebut juga semakin mempertegas spekulasi dan pernyataan AHM sebelumnya, terkait telah disiapkannya produk yang kompetitif dan bisa head to head dengan R15.

Motor sport 150cc pesaing Yamaha R15 dari Honda yang dimaksud ialah CB150R StreetFire yang akan dihadirkan dengan fairing. Posisi CB150R StreetFire fairing ini nantinya akan mengisi segmen diatas StreetFire “naked touring” yang saat ini dibanderol dengan harga Rp 23,4 jutaan. Penantang R15 dari Honda ini juga akan menggunakan mesin dan rangka yang sama digunakan oleh CB150R StreetFire naked, namun dipastikan tampilannya akan jauh lebih sporty.

Sumber lainnya juga menuturkan bahwa harga CB150R StreetFire Full Fairing ini nantinya diusahakan akan dijual dengan banderol yang tidak jauh dengan R15. harapannya bisa dibawah Rp 30 jutaan. Sementara saat ini, Yamaha R15 yang sudah lebih dulu dipasarkan oleh Yamaha Indonesia dibanderol dengan harga Rp 28 jutaan on the road Jakarta.

 

Untuk saat ini Honda masih mencoba untuk bertahan dengan berpegang pada Honda CBR150R impor utuh (CBU) dari Thailand yang dibanderol dengan harga Rp 42,9 jutaan. Tentu saja jika dibandingkan dengan Yamaha R15, posisi CBR150R sudah tidak kompetitif sehingga membutuhkan pendamping yang mampu bersaing dengan R15.

Kabar lainnya juga menuturkan, jika nantinya CB150R fairing ini mulai dipasarkan, CBR150R tetap tidak dihentikan pemasarannya. Bahkan ada kemungkinan akan dirakit lokal untuk secara berdampingan berada di barisan terdepan untuk menjadi tulang punggung Honda di segmen motor sport Indonesia.