Peluncuran Biposto City Car Paling Capet Sejagat


Peluncuran Biposto City Car Paling Capet SejagatMemiliki mobil yang mungil dan merupakan mobil terkencang pastinya semua orang ingin memiliki. Kini produsen mobil di seluruh dunia pun menyambut permintaan konsumen dengan memproduksi mobil mungil dalam kota yang kita sebut dengan city car begitu pula dengan produsen mobil Fiat. Keluarga city car buatan Fiat yakni 500 kini akan hadir dalam versi balap. Berbeda dari 500 lainnya yang memiliki dua baris kursi pada interiornya, Fiat 500 kali ini hadir hanya dengan baris kursi depan dan melucuti kursi di baris kedua dan tentunya akan terlihat sport.

Biposto merupakan nama anggota keluarga baru Fiat 500 yang menjadi city car paling kencang. Fiat bekerja sama dengan divisi performa mereka yaitu Abarth mengoprek jeroan mesin dan tampilan dari city car ini menjadi semakin gahar untuk mengikuti ajang ‘Goodwood Festival of Speed‘ di Inggris.

Dilansir dari Top Gear, Fiat 500 Biposto mengambil baris dari varian 500 Abarth yang dikenal memiliki performa luar biasa. Abarth meracik ulang mesin city car ini dengan mengganti komponen intercooler dengan ukuran yang lebih besar dan menyetel ulang perangkat ECU, selain itu komponen pembuangan juga telah memakai knalpot buatan Akrapovic yang dikenal mampu mendongkrak performa kendaraan jadi lebih galak.

Berkat racikan Abarth pada dapur pacu, 500 Biposto kini sanggup menghasilkan output tenaga sebesar 190 horse power (HP) dari mesin empat silinder berkapasitas 1,4 liter turbocharged. Sebagai perusahaan induk dari Ferrari, Fiat meminta Ferrari untuk mencangkokkan sistem sirkulasi udara yang digunakan pada supercar mereka ke mesin milik 500 Biposto ini. Alhasil, Fiat 500 Biposto mampu berakselerasi dari kecepatan 0 sampai 100 kilometer (km) per jam dalam waktu 5,9 detik.

 

Pada sisi eksteriornya, Abarth bertugas membedah tampilan 500 Biposto agar makin gahar dengan mengaplikasikan bumper besar berikut airscoop yang lebar untuk meningkatkan asupan udara ke mesin. Selain itu, velg 500 ini diganti memakai ukuran lebar yang memiliki desain antar bilah palang yang cukup besar untuk meningkatkan cengkraman ban ke aspal.

Abarth pun membuat bobot dari 500 Biposto menjadi lebih ringan dengan melucuti beberapa bagian kurang penting termasuk kursi belakang sehingga bobot 500 Biposto kini hanya seberat 997 kilogram saja. Agar pengendalian mobil lebih sempurna, Abarth pun tak lupa mengganti peranti pengereman city car ini memakai kaliper rem enam piston serta sistem suspensi yang mengadopsi milik Abarth 500 sehingga tidak limbung ketika diajak ngebut.

 

Untuk menyesuain ukuran velg yang bertambah lebar, Abarth menambahkan paket bodi kit serta mengubah fender jadi lebih menonjol sehingga membuat tampilan city car ini ibarat monster mini. “Kami harus membangun era baru bagi Abarth, salah satunya adalah dengan menggabungkan teknologi canggih, kustomisasi, dan membangun mobil secara hand made, ” ujar Maurizio Consalvo, CEO Abarth.

Fiat membanderol city car terkencangnya ini dengan harga mulai dari 32 ribu pound sterling atau sekitar Rp 656 jutaan (kurs: Rp 20.501 per pound sterling) untuk versi manual . Sementara itu untuk 500 Biposto yang telah memakai girboks otomatis spesial untuk balap, konsumen harus merogoh kocek lagi sebesar 6 ribu pound sterling atau sekitar Rp 123 juta..atau sekitar 779 juta, jika masuk indonesia bisa 900 jutaan.