Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Perilaku Baik


Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Perilaku BaikSeiring berjalannya waktu anak belajar secara alami dengan cepat yang ada di sekitar mereka, termasuk perilaku orang tuanya. Jadi jangan sampai anda memperlihatkan perilaku yang buruk kepada anak karena bisa saja mereka akan menirunya.

Orang tua adalah guru yang paling penting untuk anak-anak, anda mengajari mereka tentang perilaku yang baik dan buruk. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melatih perilaku anak.

 

Kedisiplinan

Membimbing dan mengajarkan anak tentang pentingnya kedisiplinan dalam hidup, kedisiplinan juga menerapkan perasaan taat dan patuh terhadap melakukan kegiatan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

 
BACA JUGA:  Cara Meluluhkan Hati Ayah Mertua

Mengajarkan anak tentang perilaku yang baik dan membimbing mereka untuk memperbaiki diri dari kesalahannya, bisa anda berikan contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan anak-anak.

Jujur

 

Melatih anak-anak untuk memiliki sifat jujur dengan memberikan contoh teladan dan bagaimana bersikap jujur, merupakan pekerjaan yang sulit karena membutuhkan kesabaran yang ekstra. Dan jangan pernah memberikan dukungan kepada anak tentang kebohongan apa pun.

Bertanggung jawab

Anak-anak pada umumnya senang memberikan bantuan kepada orang tua dengan caranya sendiri. Sebagai contoh, mengambilkan buku atau membantu membersihkan kamar.

BACA JUGA:  Tips Agar Anak Mau Makan Sayuran

Anda wajib menerima bantuan tersebut karena dapat menanamkan di pikiran mereka tentang sebuah tanggung jawab dan menjadikannya sebagai tugas, seperti contoh di atas, apabila anak-anak melakukan kesalahan jangan langsung mencegahnya atau memarahinya, tetapi memberikan penjelasan yang baik, agar dapat membuatnya bisa lebih bertanggung jawab.

Menghormati orang lain

Anak-anak biasanya meniru tingkah laku apa yang mereka lihat dari orang tuanya, cara terbaik dengan membimbing dan mengajarkan mereka bagaimana menghormati orang yang lebih tua darinya.

Jika anak-anak sudah terbiasa menghormati orang tua di rumahnya, maka kemungkinan ia juga akan menunjukkan tingkah laku dan rasa hormat kepada orang lain, bukan hanya orang tua tetapi dengan teman sebayanya.

BACA JUGA:  Tips Mengelola Keuangan Pribadi dan Keuangan Rumah Tangga

Biarkan anak tahu anda menyayanginya

Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam mendidik anak dalam bertingkah laku, Orang tua harus memperlihatkan rasa sayang kepada anak-anak, dan menunjutkan betapa pentingnya anak bagi keluarga.

Memberikan kasih sayang agar tahu bahwa mereka sangat dicintai. Selain menunjukkan betapa pentingnya mereka, itu juga bisa menjembatani komunikasi antara orangtua dan anak.