5 Tips dan Cara Murah Meningkatkan Imunitas Tubuh


Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar tetap menjadi sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini erat hubungannya dengan sel yang aktif terlibat dalam sistem kekebalan tubuh, yakni sel darah putih.

Sistem kekebalan tubuh akan berfungsi lebih baik dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin olah raga. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka akan banyak membantu anda tetap sehat.

 

Hal tersebut di atas patut untuk diperhatikan karena akan membantu anda tetap dalam kondisi sehat. Karena Beragam media penyebab penyakit tidak mampu menembus pertahanan tubuh.

Ada beberapa cara secara langsung tanpa diolah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut daftar tips yang dimaksudkan, berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

1. Perbanyak minum air putih

Hampir sebagian besar tubuh manusia mengandung cairan. Ini berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh dan meningkatkan imun.

BACA JUGA:  Beberapa Asupan Gizi Membantu dalam Masalah Insomnia

Oleh karena itu perbanyaklah minum air putih yang sudah matang atau mengonsumsi air mineral kemasan. Kadarnya disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran normal adalah 8 gelas per hari.

 

Tips ini selain murah juga menyegarkan. Namun hindari minum es batu berlebihan karena dapat menumpukkan gas di lambung.

2. Rutin minum vitamin C

Cara meningkatkan imunitas tubuh termurah kedua adalah dengan rajin minum vitamin C maksimal 1 kapsul per hari. Jika over dosis justru bisa memicu kanker. Bisa diimbangi dengan minum vitamin C generik / citamin C resep dokter.

Masing – masing vitamin C tersebut di atas bisa meningkatkan imunitas hanya saja berlainan dosis. Imunitas tubuh akan menjadi lebih bagus sehingga tubuh anda tidak mudah terserang penyakit.

Apabila tubuh berkecukupan akan vitamin C maka bakteri dan penyebab penyakit lainnya sulit menyerang. Inilah yang menyebabkan tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Rajin berolah raga

Tubuh yang menyimpan imun kuat memiliki ciri yaitu suhu tubuh selalu hangat. Apabila ingin tubuh hangat, lakukan olah raga secara rutin. Ini bertujuan untuk memacu proses pembakaran lemak tubuh menjadi energi.

BACA JUGA:  Cara Merawat Rambut Setelah Berenang

Nah di musim pandemic seperti saat ini, sekalipun ditetapkan himbauan agar berdiam diri di rumah, hindari berhenti berolah raga. Karena olah raga justru bisa menjaga kehangatan tubuh supaya kuat dalam melawan virus. Lakukan olah raga yang normal sesuai usia.

Jangan melakukan olah raga berat bila sudah berumur kepala empat ke atas. Karena dapat memunculkan gangguan lain seperti serangan jantung atau otot terjepit.

Olah raga yang pas guna menjaga imunitas adalah jalan kaki, jogging dan bersepeda. Olah raga ini mampu untuk membakar tubuh dengan cepat dan aman. Di samping itu ini adalah semacam olah raga murah.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Gigi Berlubang

4. Rajin makan sayur dan buah – buahan segar

Sayur dan buah banyak mengandung mineral dan vitamin C. Bagus untuk meningkatkan imun.

Sayur dan buah menyimpan fitonutrien yang ideal dan juga mengandung mineral dalam jumlah yang mencukupi. Mineral dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia / imun.

5. Istirahatlah yang mencukupi

Tubuh anda membutuhkan istirahat yang mencukupi guna memulihkan stamina dan metabolisme. Jika metabolisme sudah lancar maka imunitas akan tetap terjaga.

Hindari terlalu sering begadang karena stamina tubuh akan menurun disebabkan metabolisme bekerja secara berlebihan.

Jika metabolisme memburuk maka imun tidak akan berkembang dengan baik. Yang ada adalah tubuh menjadi tidak prima sehingga mudah diserang penyakit. Maka sebab itu hindarilah begadang dan lakukan istirahat minimal 8 jam sehari.

***

Demikian penjelasan singkat tentang tips dan cara meningkatkan imunitas tubuh termurah. Semoga bermanfaat.