Cara Mengontrol Diabetes Melitus


Cara Mengontrol Diabetes Melitus
Cara Mengontrol Diabetes Melitus

LUTIMNEWS.COM – Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai penderita diabetes terbanyak. Jika diabetes tidak ditangani atau dicegah secara serius maka menimbulkan berbagai macam masalah. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini sangat berpengaruh pada gaya hidup atau pola makan Anda.

Maka dari itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara mengontrol diabetes melitus:

 

Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

BACA JUGA:  Tips Cara Mencegah Penyakit Amandel

Konsumsilah makanan seperti sayur dan buah, karena sangat tepat untuk penderita diabetes melitus. Selain itu, makanan junk food, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya karena mengandung banyak lemak dan kolesterol.

 

Berolahraga

Olahraga secara rutin, dapat menjaga kadar glukosa dan menjaga insulin di tubuh tetap normal. Usahakan Anda berolahraga meskipun olahraga ringan, seperti lari atau jalan kaki.

 

Menjaga Berat Badan Ideal

Jika Anda sudah merasa badan berat untuk berolahraga, itu berarti Anda mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, kendalikan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi disertai dengan olahraga.

BACA JUGA:  Reaksi Tes Kulit Terhadap Kesehatan

Menghindari rokok

Selain berdampak buruk pada paru-paru dan jantung, ternyata juga berpengaruh bagi hormon insulin dan glukosa pada tubuh Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari kebiasaan buruk seperti ini agar insulin dan glukosa tetap normal.

Mengurangi Asupan Alkohol

Alkohol juga termasuk pemicu ketidaknormalan proses insulin dan glukosa pada tubuh. Karena itu, sebisa mungkin kurangi mengkonsumsi alkohol atau tidak mengkonsumsinya.