Manfaat Kulit Jeruk Yang Perlu Anda Ketahui


Manfaat Kulit Jeruk Yang Perlu Anda KetahuiHampir semua orang sudah mengetahui manfaat dari buah jeruk, yaitu mengandung banyak vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh anda. Namun sudah tahukah anda kalau tidak hanya buah jeruk yang bermafaat bagi tubuh, tetapi sampai ke kulit jeruk juga mempunyai fungsi yang menyehatkan bagi tubuh anda. Ya, kulit buah jeruk ternyata telah teruji secara klinis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bila anda ingin tahu apa saja manfaat kulit jeruk, berikut ini beberapa kegunaan kulit jeruk yang menakjubkan;

Masalah suhu tubuh

Bila anda memiliki beberapa masalah dengan suhu tubuh anda, misalkan kedinginan dan anda menderita frostbite  alergi terhadap cuaca dingin yang berupa pembengkakan di daerah tubuh tertentu, kulit jeruk adalah obat herbal yang sangat manjur untuk mengatasinya.

 

Mengatasi kedingan

Bila anda tidak terbiasa dengan cuaca dingin, jangan khawatir, yang perlu anda lakukan adalah mencari kulit jeruk. Setelah mendapatkan kulit jeruk, rebut beberapa potong bersama jahe yang masih segar kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Lalu, tambahkan gula merah yang sudah disisir dalam rebusan tadi. Tunggu sampai rebusan kulit jeruk dan jahe itu mendidih. Setelah benar-benar masak, minumlah rebusan itu seperti meminum teh.

Mencegah frostbite

Frostbite adalah sebuah alergi terhadap suhu dingin yang mengakibatkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Biasanya alergi ini akan sembuh setelah anda meminum obat anti alergi atau anda berpindah ketempat dengan suhu yang lebih hangat.

 

Masalah mulut

Selain berguna untuk mengatasi masalah dengan suhu tubuh, kulit jeruk ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah mulut seperti bau mulut, sakit geraham dan gigi yang sensitive.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut adalah masalah kecil yang berdampak sangat besar bagi penampilan anda. Bayangkan saja bila anda harus mempresentasikan sesuatu didepan atasan anda untuk mendapatkan kenaikan posisi, namun anda bermasalah dengan bau mulut, pasti anda akan kehilangan kepercayaan diri yang berakibat pada kehilangan kesempatan untuk mendapatkan promosi. Nah, untuk menghadapi masalah ini, anda bisa mencoba dengan kulit jeruk. Caranya cukup mudah, anda tinggal mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang masih segar sampai bau mulut anda menghilang.

 

Mengobati sakit geraham

Bila anda sering mengalami nyeri yang berlebihan pada gigi geraham anda, kulit jeruk adalah obat herbal yang sangat mudah untuk menghadapinya. Cukup menarus sepotong kecil kulit jeruk yang masih segar ke dalam mulut anda selama kurang lebih 10 menit sebelum anda tidur. Lakukan secara rutin sampai rasa nyeri pada geraham anda tidak pernah terasa lagi.

BACA JUGA:  Tips Aman Menjaga Dan Merawat Kesehatan Area Intim Wanita

Merawat dan mengobati gigi yang sensitive

Memliki gigi yang sensitive memang memerlukan perhatian yang lebih. Anda tidak dapat makan seenaknya karena akan sangat berpengaruh pada gigi sensitive anda. Nah, namun tahukah anda, ternyata kulit jeruk dapat mengatasi dan merawat gigi sensitive anda. Yang perlu anda lakukan hanya menaruh sepotong kulit jeruk pada segelas air yang sudah diisi air yang mendidih. Tunggulah selama 5 sampai 10 menit sebelum meminumnya. Lakukan secara rutin, sampai gigi sensitive anda benar-benar pulih.

Masalah saluran pernapasan

Manfaat lain dari kulit jeruk adalah mengatasi masalah pada saluran pernapasan anda. Mulai dari mengobati batuk, bronchitis yang sudah kronis, mencegah sesak napas sampai menghilangkan dahak di dalam paru-paru.

Mengobati batuk

Terserang penyakit batuk memang melelahkan dan sangat mengganggu aktivitas anda. Oleh sebab itu, bila penyakit batuk mulai menyerang, segeralah mencoba mengobatinya dengan kulit jeruk. Caranya sangat mudah, siapkan 5gram kulit jeruk kering (jemurlah dahulu bila anda hanya memiliki yang segar) bersama dua gelas air. Kemudian rebus bersama beberapa jahe dan gula merah secukupnya. Setelah benar-benar mendidih, minumlah selagi hangat.

Mengobati bronchitis kronis

Ternyata tidah hanya untuk mengobati penyakit-penyakit “ringan” saja, kulit jeruk juga dapat dipakai untuk mengobati penyakit “berat” seperti bronchitis kronis. Penyakit saluran pernapasan ini memang sering menyerang anda yang tinggal di kota besar dengan angka polusi yang cukup tinggi. Bila anda terserang penyakit ini, cobalah menaruh 5 sampai 15 gram kulit jeruk ke dalam segelas air yang kemudian diberi air mendidih sampai menjadi segelas “teh kulit jeruk”. Minumlah secara rutin dan sesering mungkin.

Mencegah sesak napas

Untuk mencegah sesak napas, anda dapat menambahkan air mendidih pada gelas yang berisi kulit jeruk segar. Kemudian tutuplah selama 10 menit sebelum anda meminumnya. Oiya, anda juga dapat menambahkan gula bila anda tidak menyukai rasa asam. Minuman dari kulit jeruk ini dapat menghentikan rasa sesak di dada dan radang di tenggorokan

BACA JUGA:  Tips Memutihkan Wajah Secara Alami

Menghilang dahak di dalam paru-paru

Menderita batuk yang berkepanjangan dapat menyebabkan dahak di dalam paru-paru. Untuk menyembuhkannya, anda tidak perlu meminum berbagai obat yang mengandung zat kimiawi, cukup dengan merendam sepotong kulit jeruk ke dalam wine putih selama kurang lebih 20 hari. Setelah itu anda dapat meminum wine putih yang sudah tercampur kulit jeruk untuk menghilangkan dahak di paru-paru anda.

Masalah pencernaan

Diantara sekian banyak manfaat kulit jeruk, masalah pencernaan adalah salah satunya. Ya, kulit jeruk dapat membantu anda untuk mengatasi sembelit, mual dan kembung dan nafsu makan yang kurang.

Mengobati sembelit

Bila anda sering mengalami sembelit, mungkin karena pola makan anda yang tidak teratur atau juga karena makanan yang anda konsumsi. Untuk mengobati sembelit selama ini daun jambu sangat terkenal paling berkhasiat, namun ternyata kulit jeruk juga memiliki khasiat yang sama. Cukup dengan merebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air secukupnya selama 10 sampai 15 menit. Lalu minumlah 2 kali sehari untuk melancarkan buang air besar.

Mengobati mual dan kembung

Beberapa orang sering mengalami mual dan kembung tanpa alasan, bila anda termasuk orang yang sering mengalami mual dan kembung cobalah menyembuhkannya dengan kulit jeruk. Cukup dengan merendam 50 gram kulit jeruk pada white wine (anggur putih) selama kurang lebih 20 hari, kemudian minum air anggur putih rendaman kulit jeruk tadi.

Mengembalikan napsu makan yang berkurang

Untuk mengatasi masalah susah makan bagi anak anda, tidak ada salahnya mencoba memberikan ramuan “teh kulit jeruk” yang terbuat dari kulit jeruk yang sudah dijemur hingga kering, dan kemudian diseduh dengan air hangat. Ramuan ini sangat berguna untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang.

Masalah kecantikan

Tahukah anda, kulit jeruk ternyata mampu menyerap minyak yang berlebihan dari kulit sehingga akan mengurangi kilapan pada wajah akibat minyak yang berlebih. Selain itu, kulit jeruk juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kering dari permukaan wajah sehingga wajah akan terlihat lebuh bersih dan cerah.

BACA JUGA:  Karakter dan Sifat Seseorang Berdasarkan Golongan Darah

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memakai masker kulit jeruk yang dapat dibuat sendiri. Pertama-tama kupas kulit jeruk, diamkan hingga kering dan mengeras. Setelah keras, blender kulit jeruk hingga hancur, kemudian campurkan dengan susu kental manis secukupnya (perbandingan 50:50) hingga menjadi pasta

Nah setelah pasta siap, anda harus membersihkan wajah dan mengeringkannya. Barulah setelah wajah bersih, aplikasinya masker kulit jeruk tersebut keseluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit hingga mengering.  Setelah itu baru bilas wajah anda dengan air hangat , namun pastikan tidak menggosok wajah terlalu keras agar tidak merusak kulit.

Mengobati mastitis

Mastitis adalah bengkak pada payudara yang disebabkan oleh produksi ASI yang berlebihan. Nah, kulit jeruk dapat mengobati masalah ini dengan cara merebus 30 gram kulit jeruk yang masih segar dan 6 gram akar manis pada 150 gram air. Setelah direbus sampai mendidih, minumlah dua kali sehari selama masih ada bengkak pada payudara anda.

Mengobati alergi

Bila anda memiliki alergi saat mengkonsumsi ikan dan kepiting, ternyata kulit jeruk dapat mengatasi masalah anda ini. Hanya dengan membuat “ramuan teh kulit jeruk” dan meminumnya secara teratur maka niscaya penyakit alergi anda akan jauh berkurang.

Mengobati hangover

Hangover adalah sakit kepala yang teramat sangat saat bangun pagi setelah terlalu banyak meminum minuman beralkohol. Nah, bila anda mengalami hangover saat anda harus kembali bekerja, coba rebuslah 30 gram kulit jeruk segar dengan air, tambahkan sedikit garam dan tunggulah sekitar 15 sampai 20 menit sampai air rebusan anda mendidih. Lalu, minum air rebusan itu untuk menyembuhkan hangover anda.

Mencegah mabuk perjalanan

Bila anda termasuk orang yang sangat mudah terkena mabuk darat saat melakukan perjalanan, ada baiknya anda mencoba mengatasinya dengan kulit jeruk. Kira-kita satu jam sebelum melakukan perjalanan ambilah secuil kulit jeruk yang masih segar. Lalu terus dekatkan kulit jeruk pada hidung anda dan hiruplah aroma yang menguar.

Wah, tidak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat, namun kulitnya pun ternyata sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sangat mungkin anda alami.