Tips Mengtur Keuangan Setelah Menikah


Tips Mengatur Keuangan Setelah MenikahMungkin benar kata orang bahwa uang merupakan sesuatu yang sangat sensitif bagi pasangan yang telah menikah. Banyak faktor yang bisa memicu pertengkjaran suami istri gara-gara uang. Kekurangan uang tentunya akan membuat istri sering cemberut. Namun sebaliknya, kelebihan uang tak jarang juga dapat membuat istri terlalu banyak tersenyum, bahkan untuk laki-laki lain sehingga memicu perselingkungan.

Dengan melihat pentingnya mengatur keuangan setelah menikah, beberapa tips berikut mungkin berguna bagi anda dalam mengelolanya.

 
BACA JUGA:  Tips Mengatur Pengeluran Keuangan Agar Tetap Selalu Cukup

– Buatlah perencanaan bersama menyangkut pengelolaan keuangan keluarga. Sebuah perkawinan tentunya dibangun berdasarkan rasa sayang dan kepercayaan. Begitu juga dalam mengelola keuangan bersama, lakukan berdasarkan prinsip kepercayaan dan keterbukaan. Jika masing-masing telah memiliki tabungan pribadi masing-maisng, buatlah kesepakatan tentang hak bersama.

– Susun pula daftar penerimaan maupun pengeluaran bulanan secara terbuka. Jika anda memiliki sumber penghasilan lebih dari satu, beritahukan pasangan anda. Begitu juga istri memiliki penghasilan sampingan, tak ada salahnya memberitahukan kepada suami meskipun kata orang uang istri adalah hak istri. Kesepakatan menyangkut hal ini juga penting dilakukan sejak awal.

 

 – Buat dan susunlah skala prioritas menyangkut pengeluaran anda dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda saat ini. Cara ini akan lebih mudah dilakukan untuk menyesuaikan antara jumlah pengeluaran dengan pendapatan yang anda miliki sehingga tidak memicu timbulnya hutang. Hutang sebaiknya dihindari jika tidak penting sekali karena justru akan membenani anda di kemudian hari.

– Buatlah tabungan bersama dimana penggunaannya akan lebih mudah terpantau. Hindari penggunaan kartu kredit atau kartu ATM dimana fasilitas ini lebih sering merangsang pemiliknya untuk dengan gampang melepaskan tabungannya.

 

– Mulailah menabung dengan menyisihkan sebagian dana setelah dikurangi pengeluaran rutin. Menabung harus dilakukan dengan ketat dan dilakukan sejak awal. Hal ini penting untuk manfaat yang lebih baik dari masa depan anda bersama anak-anak anda nantinya.