Makanan yang Baik untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan


Makanan yang Baik untuk Mengatasi Mabuk PerjalananLUTIMNEWS.COM – Melakukan perjalanan, tidak jarang biasanya rasa mual dan ingin muntah menghampiri seseorang dan tentunya hal itu sangat mengganggu dan menyiksa perjalanan Anda apalagi saat melakukan perjalanan untuk liburan atau berkunjung kerumah saudara.

Saat rasa mual dan ingin muntah waktu melakukan perjalanan tentu kepala akan terasa pusing dan tubuh pun akan mulai terasa lemas ditambah dengan keringat dingin yang mulai menghampiri. Bagiamana rasanya? Tentunya sangat menyiksa bagi orang yang merasakannya. Bahkan, terkadang seseorang menjadi merasa takut untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

 

Untuk mengatasi hal semacam ini biasanya orang yang merasa mual dan mabuk sebaiknya muntah terlebih dahulu maka perjalanan biasanya akan kembali membaik. Namun, ada juga beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh sehingga dapat menghilangkan rasa mual dan mabuk perjalanan Anda.

BACA JUGA:  Tips Untuk Menangkal Lelah

1. Air kelapa
Air kelapa merupakan minuman menyehatkan karena mampu menghilangkan berbagai macam penyakit, menetralisir racun dalam tubuh, dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Supaya mabuk perjalanan Anda segera berkurang, cobalah untuk minum air kelapa muda segar yang langsung diambil dari kelapanya.

 

2. Madu dan air lemon
Selain kelapa, madu dan air lemon juga berperan sangat baik dalam hal menetralisir racun, mengobati penyakit, dan meringankan mabuk perjalanan. Ketika Anda sudah tiba di tempat tujuan, sebaiknya bersegeralah ambil madu dan memeras jeruk lemon untuk dicampur dengan air dingin secukupnya. Minum sedikit demi sedikit supaya tubuh Anda mulai terasa segar.

BACA JUGA:  Cara Jitu Menghilangkan Rasa Lelah

3. Jus jeruk
Seseorang menjadi lebih mudah mabuk perjalanan karena asam lambung dalam tubuhnya mulai berakumulasi. Untuk mengurangi kejadian hal seperti ini, Anda juga bisa minum minuman menyegarkan seperti hal nya jus jeruk. Meskipun jus jeruk memiliki rasa asam, akan tetapi minuman ini baik untuk menjadikan mulut kembali segar dan meredakan rasa mual.

 

4. Pisang
Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk menemani program diet sehat. Disamping itu, buah pisang juga mempunyai peran yang baik dalam mengembalikan vitalitas tubuh setelah mengalami mabuk perjalanan. Perlu diketahui bahwa buah pisang mengandung kalium dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini tentunya bermanfaat untuk mengembalikan mineral tubuh yang hilang selama dalam perjalanan.

BACA JUGA:  Wah, Ini Dia Efek Jika Anda Terlalu Lama Duduk

5. Jahe
Jahe dikenal sebagai tanaman obat yang sangat baik untuk membantu mengatasi rasa mual, sembelit, gangguan pencernaan, kembung, dan lain-lain. Cara mengatasi rasa mual dengan jahe adalah potong-potong atau geprak jahe kemudian diseduh dengan air panas. Tunggu sampai hangat, lalu diminum dengan dicampurkan madu.

Bila cara yang telah disebutkan diatas terasa ribet, Anda juga bisa minum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Tapi ingat, jangan berlebihan juga karena dapat beresiko buat kesehatan Anda.