Tips Mengatasi Rambut Rontok


Tips Mengatasi Rambut RontokApakah anda merasa rambut anda mengalami kerontokan ? Berapa jumlah rambut rontok yang Anda kumpulkan setiap hari? Jika lebih dari 70 helai dan Anda tidak sedang dalam masa kondisi menyusui, hamil dan mengonsumsi obat dari dokter, berarti Anda sedang mengalami masalah kerontokan. Karena itu, patuhi hal-hal di bawah ini agar tidak semakin parah..

1. Jaga kulit kepala tetap kering. Kulit kepala yang kotor karena diselimuti minyak akan semakin memperparah kerontokan rambut Anda.

 

2. Cuci rambut 2 – 3 kali seminggu. Jika rambut sangat berminyak, pilih shampoo dengan formula ringan dan keramas setiap hari.

3. Beri tonik rambut lalu pijat kulit kepala Anda. Ini akan membantu menguatkan akar rambut dan memberi nutrisi.

 
BACA JUGA:  Cara Ampuh Membuat Rambut Semakin Berkilau dan Sehat

4. Setelah terkena air hujan, selalu cuci rambut Anda. Air hujan bercampur polusi bahkan belerang yang bisa mengendap di kulit kepala jika tidak segera di cuci.

5. Pakai masker rambut seminggu sekali. Selain untuk memberi nutrisi yang menguatkan rambut, masker rambut akan membuat rambut lebih lembut.

 

6. Beri asupan protein pada menu sehari-hari. Selain baik untuk kesehatan, protein akan membantu rambut semakin kuat dari dalam.

7. Selalu gunakan kondisioner setelah keramas. Usapkan hanya pada ujung rambut karena terlalu banyak kondisioner hanya membuat rambut semakin berminyak dan rontok.

BACA JUGA:  Tips Gaya Rambut Masa Kini

8. Sisir rambut dengan sisir berkualitas baik dan bergigi jarang, baru kemudian gunakan sisir bergigi rapat.

9. Jangan terlalu panjang memelihara rambut. Paling baik jika rambut Anda maksimal sepanjang tali bra di bagian punggung. Jika rambut Anda mudah rontok, jangan memaksakan diri untuk memanjangkan rambut seperti Rapunzel.

Hindari :

1. Menggunakan gel atau cream rambut. Sisa bahan-bahan ini akan menutup kulit kepala dan membuat rambut Anda semakin rontok.

2. Mengubah bentuk asli rambut menjadi lurus atau keriting. Terpaan bahan kimia berbulan-bulan akan memperparah kondisi kerontokan rambut.

BACA JUGA:  Tips Sehat untuk Karyawan

3. Mewarnai rambut juga memperparah kerontokan rambut.

4. Memakai shampoo berbahan kimia, gunakan shampoo berbahan alami.

5. Sering menggunakan aksesoris rambut berlebih, terlebih lagi aksesoris yang memberatkan rambut.

6. Terlalu sering memakai hair dryer dan menggosok rambut dengan handuk setelah keramas. Keringkan rambut dengan menepuk-nepuk dengan handuk kering.

7. Stres, jangan heran jika kerontokan rambut semakin parah.

8. Membiarkan rambut terkena terpaan matahari dan debu dalam waktu yang lama.

9. Selalu mengikat rambut dalam bentuk ekor kuda. Tarikan ini membuat akar rambut semakin tidak kuat menopang helai rambut.