Cara Membersihkan Karang Gigi


Cara Membersihkan Karang Gigi
Cara Membersihkan Karang Gigi

LUTIMNEWS.COM – Karang gigi salah satu masalah kesehatan gigi yang dialami setiap orang. Apalagi karang gigi ini bisa menyebabkan bau mulut. Lalu, bagaimana cara membersihkan karang gigi?

Ternyata membiarkan karang gigi bisa berdampak buruk dibandingkan dengan masalah gigi lainnya seperti gigi berlubang. Hal ini dikarenakan karang gigi dapat membuat akar gigi melemah sehingga gigi lebih mudah goyang.

 
BACA JUGA:  Cara Tepat Merawat Gigi Berlubang

Biasanya, karang gigi dibersihkan 2 kali setahun. Namun setidaknya Anda bisa mengurangi terbentuknya karang gigi. Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara membersihkan karang gigi.

Sikat Gigi

 

Sikat gigi bisa mengurangi terbentuknya karang gigi. Anda dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Selain membersihkan gigi, gusi Anda juga bisa terawat.

Makan Buah Apel

 

Selain memiliki kandungan gizi untuk tubuh, buah apel juga dapat mengurangi terbentuknya karang gigi. Jadi Anda bisa mengkonsumsi buah apel tanpa harus mengupas kulitnya. Ada baiknya jika dikonsumsi setelah makan malam.

BACA JUGA:  Tips Membasmi Kutu Rambut dengan Cepat dan Mudah

Memakai Cengkeh

Cengkeh terbukti ampuh untuk menguatkan gigi dan menghilangkan karang gigi. Bahkan, cengkeh sudah digunakan sejak dulu oleh nenek moyang kita untuk membersihkan gigi. Anda bisa menggosokkan di gigi atau berkumur dengan cengkeh.

Biji Asam Jawa

Biji asam jawa ini sangat efektif dalam membersihkan karang gigi. Caranya cukup mudah yaitu cukup sangrai beberapa biji asam jawa, kemudian tumbuh hingga benar-benar halus dan gosokkan pada karang gigi.