Cara Merawat Kesehatan Liver


Cara Merawat Kesehatan Liver
Cara Merawat Kesehatan Liver

LUTIMNEWS.COM – Hanya sebagian orang yang menyadari akan mengalami masalah liver. Sama halnya dengan organ penting lainnya seperti jantung, paru-paru, tulang, bahkan hati perlu dijaga kesehatannya.

Ingat, organ hati bisa mempenggaruhi organ tubuh lainnya, karena liver berfungsi menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Nah untuk merawat kesehatan liver Anda, langsung saja simak berikut ini;

 

– Jangan mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Karena liver tidak dapat menyaring alkohol dengan jumlah banyak. Hal ini juga dapat merusak liver Anda.

BACA JUGA:  Cara Alami Mengobati Susah Buang Air Besar

– Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu, makanan yang cepat saji juga harus Anda hindari karena akan menyebabkan diabetes dan obesitas. Hal inilah yang bisa mempengaruhi fungsi liver Anda karena adanya lemak berlebih.

 

– Jauhi lingkungan yang tidak sehat, misalnya lingkungan polutan rokok dan asap pabrik. Zat-zat yang keluar dari kedua lingkungan tersebut dapat membahayakan liver Anda dalam jangka panjang.

BACA JUGA:  Psoriasis dan Tips Mengobatinya

– Jalankan program hidup bersih. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum memegang mengkonsumsi sesuatu.

 

– Lindungi tubuh Anda dari virus liver. Misalnya tidak melakukan seks bebas, hindari tattoo, dan jauhi dari narkotika suntik.

– Periksa ke dokter secara rutin. Karena penyakit liver dapat muncul tanpa adanya indikasi terlebih dahulu.