Manfaat Bagi Kesehatan Orang Yang Suka Bangun Pagi


Manfaat Bagi Kesehatan Orang Yang Suka Bangun Pagi

Bagi anda yang dalam kehidupan sehari-harinya lambat bangun, Kiranya mungkin anda dapat menyempatkan sedikit waktu untuk membaca postingan kami kali ini mengenai manfaat bangun pagi bagi kesehatan. Kiranya mungkin dapat bermanfaat bagi anda, Selamat membaca dan mempelajarinya.

 

  ALLAH berfirman yang artinya : ” dan dirikanlah shalat subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat ) (Al-Isra’:78).

Al-qur’an menekankan untuk tidur lebih awal dan bangun tidur sepagi mungkin. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa nabi pernah bersabda : ” umat ku mendapatkan berkah karena bangun pagi”. Juga dalam riwayat yang lain nabi besabda : “shalat dua raka’at pada subuh hari lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya”. Dan agar hal itu terwujud maka rasulullah memerintahkan agar tidak bertamu setelah isya dalam sabdanya : “Janganlah berkumpul setelah shalat isya kecuali untuk nenuntut ilmu”.

 

Adapun manfaatnya bagi kesehatan orang yang suka bangun pagi antara lain sebagai berikut :

  • Gas ozon (o3) mencapai kadar tertinggi pada saat fajar (subuh) dan seterusnya menurun secara bertahap sampai tingkat terendah ketika matahari terbit. Gas ozon nemberikan pengaruh positif terhadap sel-sel syaraf, melancarkan proses kerja otak dan otot dimana puncak produktivitas manusia terjadi pada pagi hari. Dan manusia merasa enak dan segar ketika menghirup udara di pagi hari, bersih, segar, tidak ada bandingannya pada jam – jam yang lain, baik siang maupun malam hari.
  • Sesungguhnya sinar matahari ketika terbit dekat dengan warna merah dan di maklumi pengaruhnya dalam merangsang syaraf dan membangkitkan kesadaran dan gerakan (mobilitas), sebagaimana sinar matahari setelah naik beberapa tingginya, sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin D.
  • Bangun pagi mengakhiri tidur yang panjang, dan jelas bahwa manusia yang tidur dalam jangka waktu yang lama sekaligus rentan terserang penyakit pada hati, khususnya penyakit atherosclorosis yang menyebabkan serangan sesak dada, karena tidur adalah diam secara mutlak.jika hal ini berlanjut lama, akan mengakibatkan kegagalan materi – materi lemak ke dinding pembuluh darah ; diantaranya pembuluh darah coronarnya. Dan mungkin kewaspadaan terhadap salah satu faktor penyebab penyakit pembuluh darah ini merupakan salah satu faedah yang didapatkan oleh orang – orang beriman yang bangun pada kegelapan malam mendekatkan diri pada penciptanya dengan memanjatkan doa kepada Nya dengan melakukan shalat. Allah berfirman yang artinya: “Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk tuhan mereka (al-Furqan:64). Kemudian pada tempat yang lain Allah berfirman agar manusia bangun tengah malam melaksanakan shalat tahajjud: artinya” Sesungguhnya bangun diwaktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan (Al-muzzammil:6). Nasyi’ah dalam ayat ini bagus setelah tidur.
  • Secara ilmiah, kondisi krotozon pada darah terjadi pada pagi hari mencapai sekitar 7-22 microgram/100 miliplasma, dan paling rendah pada sore hari sampai pada 7 microgram/miliplasma. Krotozon adalah sejenis zat yang ditdemukan pada hari yang menanbahkan efektifitas badan dan memperlancar metabolisme (istiqlabat) dalam tubuh secara umum dan menambah kadar gula di dalam darah yang membekali badan dengan energi. Jika kita hubungkan antara faedah-faedah yang telah dijelaskan dengan hadis tentang shalat dan wudhu, maka kita menyimpulkan bahwa muslim yang berpegang teguh pada al-qur,’an, ialah manusia yang tidak ada duanya (istimewa). Mereka bangun pagi-pagi menghadapi hari-harinya dengan penuh semangat dan kesungguhan, langsung melakukan aktivitas kesehariannya ketika kondisi emosional, mental, otot-otot pada puncak vitalitas yang mengarahkan pada peningkatan produktivitas secara signifikan. Semua itu dilakukan dengan penuh kejernihan pikiran , kebersihan hati, kegembiraan dan kelapangan dada. Jika kita membayangkan hal-hal itu terwujud, masyarakat islam akan menjadi masyarakat yang berbeda. Pembeda yang paling jelas adalah kehidupan yang dibangun mulai dari fajar.
BACA JUGA:  Langkah - Langkah Menjadi Vegetarian

Kembali kepada niat bahwa dalam tulisan ini tidak ada niat negatif yang bermaksud merugikan orang lain, dan apabila sobat semua dan para pembaca menyukai postingan ini anda dapat membeli buku aslinya. Terima kasih, semoga postingan manfaat bangun subuh ini dapat memberi manfaat yang seluas-luasnya. Aamin…!!!