Menghindari Kanker Payudara Dengan Tujuh Cara


Menghindari Kanker Payudara Dengan Tujuh CaraLUTIMNEWS.COM – Kita semua tahu bahwa penyakit kanker payudara bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal status sosial ataupun usia. Seseorang yang telah dewasa mempunyai peluang lebih besar terkena kanker payudara daripada seseorang yang masih muda.

Kanker jenis ini bisa menyerang baik pria dan wanita akan tetapi wanita memiliki peluang jauh lebih besar terkena kanker payudara dari pada pria. Jika umur Anda sudah berkepala tiga, maka peluang Anda terkena kanker payudara akan bertambah besar.

Menurut penelitian, wanita dengan umur di atas 30 tahun mempunyai peluang sebesar untuk terkena kanker payudara. Peluang ini semakin besar jika wanita telah berumur 40 tahun atau lebih dan pada saat telah berumur 50 tahun keatas, peluang terkena kanker payudara semakin besar.

Menurut penelitian sekitar 20%-30% wanita yang terkena kanker juga mempunyai saudara dan ibu yang juga terkena kanker. Sementara yang lain terkena kanker dari banyak faktor seperti mengkonsumsi obat-obatan, seksual, pola makan, berat badan dan rokok.

READ:  Cara Memastikan Banyaknya Air yang Kita Minum

Untuk menghindari terkena kanker payudara, ada banyak cara namun dalam pembahasan artikel berikut ini hanya memaparkan 7 (tujuh) cara dan cara itu sebagai berikut :

 

1.   Berolahraga

 

Tidak diragukan lagi olah raga membuat badan sehat. Ada banyak macam olah raga yang bisa dilakukan secara indiviudal maupun secara berkelompok. Penelitian membuktikan bahwa banyak olahraga akan mengurangi resiko terkena kanker payudara. Penelitian yang sama menyebutkann bahwa olah raga ringan yang teratur seperti jalan kaki setiap hari selama setengah jam dapat mengurang resiko kanker sebanyak 18%.

2.   Menjaga berat badan

Seperti anda ketahui, jumlah berat badan berbanding lurus dengan resiko terkena kanker. Itu berarti, semakin berat anda, maka semakin besar peluang terkena kanker. Oleh sebab itu menjaga berat badan sangat penting apalagi jika anda sudah memasuki masa menopause. Menjaga berat badan bisa dengan cara berdiet dan mengatur pola makan yang sehat.

READ:  Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Agar Rematik Tidak Kambuh

3.   Menghindari Lemak

Menurut penelitian, lemak bisa memperparah peluang terkena kanker. Lemak tidak hanya terdapat di daging akan tetapi juga di minyak yang digunakan sehari-hari. Sebaiknya memilih minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh rantai tunggal seperti minyak zaitun yang sangat sehat dan tidak memperbesar peluang terkena kanker payudara.

4.   Mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Sudah diketahu umum bahwa sayur dan buah sangat sehat karena kandungan vitamin dan zat-zat yang berguna bagi tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa anda akan terproteksi dari kanker payudara karena zat yang bernama pigmen karotenoid. Resiko anda terkena kanker payudara bisa meningkat sebanyak 2x lipat jika anda jarang mengkonsumsi sayur dan buah karena pigmen karotenoiod yang anda dapat juga kurang. Oleh sebab itu, selalu makan sayur dan buah setiap kali anda makan.

5.   Perbanyak makan kedelai dan produknya

Penelitian telah membuktikan bahwa kedelai bisa mengurang resiko terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan zat fitoestrogen yang berada dalam kedelai bisa menghambat kanker payudara. Zat fitoestrogen berguna untuk membatasi efek karsinogenik dari estrogen.

READ:  Rambut Lebat Saat Hamil

6.   Menyusui

Menyusui dapat mengurangi secara drastis resiko kanker payudara pada wanita. Dengan menyusui wanita mengurangi kadar estrogen dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker payudara. Selain itu, menyusui juga membuat bayi semakin sehat dan tumbuh cepat.

7.   Tidak merokok

Merokok sangat berbahaya baik saat mengandung maupun saat mempunyai bayi. Bahkan kebisaan merokok setiap hari bisa memicu peluang terkena kanker payudara. Hasil penelitian di barat menyebutkan bahwa wanita perokok mempunyai resiko terkena kanker payudara juah lebih besar daripada wanita yang tidak merokok. Penelitian lain yang sangat mengejutkan menyebutkan bahwa perokok pasif mempunyai resiko terkena kanker payudara lebih besar dari para perokok aktif. Oleh sebab itu, jika disekitar anda banyak asap rokok, lebih baik menghindar saja demi kesehatan anda sendiri.