Misteri Karpet Kabin Basah


karpet avanza

Pada Toyota Avanza seringkali didapati karpet kabin basah  dan tetesan air mengenai kaki pengemudi, cukup mengganggu dan bikin penasaran. Dugaan sementara adalah bocornya selang saluran pembuangan air AC tapi umumnya tetesan air muncul pada saat hujan. Setelah diamati ternyata air berasal dari lubang kabel pembuka kap mesin yang berada di firewall. Penyebabnya tidak lain karena sealnya lepas, tidak menempel bagus atau pecah.

Pengamatan makin diperkuat dengan posisi lubang kabel yang memang berada dibalik plastik penutup spatbor. Tentu saja saat hujan air akan menyusup melalui penutup dan mengalir mengikuti ujung kabel sampai masuk ke kabin. Cara mengatasinya gampang cukup dengan membeli sealant yang banyak dijual dipasaran.

 

Pertama-tama lepas plastik penutup spakbor roda depan kanan kemudian lepaskan pula pengaitnya dengan tangan dan tarik penutup spakbor. Setelah melihat kabel pembuka tuas kap mesin silahkan periksa apakah karet seal masih menempel, sudah rusak ataukah sudah terlepas. Jika masih ada dan kondisinya kurang baik, perbaiki letak karet seal dan oleskan sealant disekitar karet seal  sehingga tertutup dengan baik. Pasang kembali plastik penutup spakbor dengan baut. Selesai sudah, problem bocor kini tidak mengganggu lagi.