Mazda2 R Kesan Sporty Dan Desain Lebih Kalem


Mazda2 R  Kesan Sporty  Dan Desain Lebih Kalem

Jika dilihat sekilas pada bagian depan Mazda2 R Sedan mirip seperti varian hatchback. Tetapi jika dilihat secara seksama, terdapat perbedaan pada bemper depan yang berdesain lebih kalem dan memiliki lips tipis pada bagian bawah. Begitu juga dengan frame pada foglamp yang simple meskipun foglamp dan headlamp sama seperti versi hatchback.

Mazda2 R  Kesan Sporty  Dan Desain Lebih Kalem

Pada bagian samping bodi juga memiliki perbedaan seperti garis lekuk yang sedikit berbeda mengikuti kontur bodi ke belakang. Pintu belakang memiliki kaca pintu 2-pieces yang sangat berbeda dengan hatchback. Mazda2 R Sedan tidak memiliki side skirt seperti varian hatchback, tetapi tidak mengurangi nilai exterior karena mengikuti desain bemper depan.

 

Mazda2 R  Kesan Sporty  Dan Desain Lebih Kalem

Perbedaan sangat jelas terlihat pada bagian pantat Mazda2 R Sedan, mulai dari kaca belakang yang landai, hingga desain bemper belakang yang agak menggembung dan memiliki mata kucing. bagasi tidak terlalu besar memiliki lampu belakang yang terletak pintu bagasi dan bemper belakang terpisah menjadi 2 seolah menyatu. Selain itu memiliki lampu tambahan di tengah dan lips spoiler tipis di atas bagasi yang kalem dan sewarna memberikan kesan sporty.

 

Semua perbedaan exterior mengakibatkan perbedaan dimensi seperti jarak sumbu roda yang sedikit lebih panjang yaitu 3 mm, panjang keseluruhan mencapai 4.244 mm, dan ketinggian yang lebih rendah tepatnya 1.476 mm. Selebihnya sepert lebar dan velg berukuran 16 inci yang dipakai masih sama dengan varian hatchback.

Interior Mazda2 R Sedan

Interior Mazda2 R Sedan masih memiliki kesamaan pada varian hatchback pada desain dashboard, lingkar kemudi, dan lainnya. Perbedaan mulai terlihat pada bangku, meski berdesain sama dan diberikan kelegaan yang lebih ketimbang varian hatchback.

Bagasi Mazda2 R Sedan

Bagasi juga memiliki ruang yang lebih lega dari varian hatchback. Hal ini membuat Mazda2 R Sedan sangat cocok jika dibawa berlibur keluar kota dan membutuhkan ruang lebih untuk membawa barang bawaan yang banyak.

fitur entertainment Mazda2 R Sedan

Sedangkan untuk fitur entertainment masih memiliki headunit sama yang dilengkapi dengan layar LCD, GPS, iPod, dan built-in parking camera.

mesin Mazda2 R Sedan

Mesin yang digunakan masih seperti varian hatchback yaitu berkode MZR 1.5L In-line 4 cylinder DOHC 16 Valve yang dilengkapi dengan S-VT (Sequentel Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control) dengan kombinasi girbox yang sama. Tetapi dengan perbedaan berat yang hanya mencapai 13 kg, mobil ini terasa lebih berat untuk berakselerasi dan mencapai top speed pada saat kami mencobanya di jalan tol.

Performance Mazda2 R Sedan

Untuk bagian kemudi juga sama seperti varian hatchback yang memakai ban berukuran 195/45R16. Suspensi yang digunakan adalah Independent MacPherson Struts di depan dan Torsion Beam di belakang. Cakram pada bagian depan juga masih sama seperti varian hatchback.

Dengan adanya perbedaan dimensi yang lebih panjang, Mazda2 R Sedan terasa lebih susah untuk bermanuver di jalanan yang padat dibanding hatchback. Meski berdimensi beda,tidak mengurangi kenyamanan saat berkendara.