Nissan Menyiapkan Mobil Matik Harga Terjangkau Dan Produk Global Eco Car


Nissan Menyiapkan Mobil Matik Harga Terjangkau Dan Produk Global Eco CarMemasuki penghujung tahun 2009 lalu, pasar mobil baru kembali menyolok ramai dengan hadirnya beberapa varian bertransmisi otomatis, yang menyasar kalangan menengah bawah. Artinya banderol retailnya lebih terjangkau, namun punya fitur yang tetap menawan.

Seperti Toyota Avanza 1.3 G A/T serta Daihatsu 1.3 Xi A/T, yang keduanya saling menyempurnakan di segmen pasar menengah ke bawah. Setara dengan apa yang dilakoni dua pabrikan besar tersebut, PT Nissan Motor Indonesia (NMI), ATPM Nissan juga akan menghadirkan varian termurah bertransmisi otomatis dari keluarga Grand Livina. Namun sebelumnya NMI telah menghadirkan Grand Livina 1.5 SV M/T, yang bisa dikatakan kasta paling rendah dari keluarga Grand Livina itu, kemungki­nan tahun ini akan hadir versi matiknya dengan label 1.5 SV A/T.

Memandang spesifikasinya memang tidak berbeda dengan versi manualnya. Seperti mesin yang diusung berkode HR15DE, 1.500 cc 4 silinder segaris, 16-valve, DOHC, CVTC. Pembedanya hanya pada transmisi otomatis 4 percepatan.

Soal harganya hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi dari pihak NMI. Namun secara logis, indikasinya bisa ditebak dari selisih harga yang terjadi pada Grand Livina 1.5 XV, antara versi manual dengan yang otomatis. Artinya, terdapat selisih Rp 8 juta lebih mahal dari versi manualnya. Sehingga bisa diperkirakan banderol 1.5 SV A/T, kemungkinan dipatok Rp 172,5 juta (1.5 SV M/T = Rp 164,5 juta). Jadi lebih terjangkau bukan?

 

Tahun ini sepertinya NMI juga akan merealisasikan proyek Nissan global compact car milik Nissan Motor Co (NMC) Jepang, dengan merakit eco car untuk dipasarkan di seluruh dunia. Namun salah satu proyek tersebut yang diharapkan menjadi new project NMI di Indonesia. Alias, akan diproduksi di pabriknya di Cikampek, Jawa Barat.

Modelnya mirip dengan proyek global Nissan, kayak Nissan Micra. Di Tanah Air sendiri diberi kode B02E. Tapi, dari 3 model yang menjadi global car NMC; sedan, hatchback dan mini MPV, Indonesia mengambil jenis terakhir (mini MPV).

 

Persoalan mesin, memang belum fix karena ada dua pilihan mesin; 1.300 cc dan 1.500 cc. Boleh jadi keduanya akan jadi pilihan bagi konsumen.

Soal harganya pun masih gelap-gelapan. Karena pihak NMI sangat menutup rapat-rapat proyek ini. Tapi, data yang masuk ke meja redaksi, mobil ini akan masuk ke harga Rp 100-150 jutaan dan akan hadir paling cepat akhir tahun ini.