Ulasan All New Range Rover Generasi Paling Anyar


Ulasan All New Range Rover Generasi Paling AnyarMemiliki bentuk yang sangat ramping dan elegan mobil All New Range Rover. Mobil SUV termewah untuk daerah Indonesia ini memiliki tampilan yang berani memiliki tampilan yang ikonik. Mobil generasi keempat yang menjadi ikon dari Range Rover tersebut, pada model terbarunya kali ini telah dibangun kembali dari awal untuk memberikan kemewahan yang terbaik dari sosok SUV, namun tetap mengacu pada semangat inovatif dari tampilan aslinya lebih dari 40 tahun silam.

Darwin Maspolim selaku Chief Operatng Officer PT. Grandauto Dinamika bahkan sesumbar dengan mengatakan bahwa dengan All New Range Rover, masyarakat Indonesia akan mendapatkan mobil yang berkualitas dan mampu memenuhi tantangan yang ada. Ia juga menambahkan bahwa All New Range Rover merupakan mobil SUV termewah saat ini dimana belum ada yang sanggup mengalahkannya selama bertahun-tahun sejak peluncurannya yang pertama.

Untuk mengetahui kebenaran dari pernyataan PT. Grandauto Dinamika tersebut, mari kita ulas All New Range Rover secara lebih mendalam untuk melihat kelebihan dan kekurangan yang diusung oleh mobil SUV asal Inggris tersebut. Berikut ini Review All New Range Rover – SUV Termewah di Indonesia :

EKSTERIOR
Secara umum, walau garis desainnya masih mengusung ciri khasnya, All New Range Rover terbaru telah mengalami perubahan secara total. Dengan postur besar, kebanyakan orang mungkin akan membayangkan bobot All-New Range Rover pasti berat. Ternyata tidak! Untuk memenuhi regulasi emisi yang semakin ketat, salah satu cara yang banyak dilakukan produsen adalah mengurangi bobot. Dan itulah yang terjadi pada All New Range Rover dimana mobil ini mendapat pengurangan bobot dengan menggunakan struktur bodi monokok dan menggunakan aluminiun. Hasilnya, SUV tersebut bisa diet hampir setengah ton atau 420 kg dibandingkan model sebelumnya. Bahkan, komponen sasis, seperti kaliper rem dari Brembo, juga dibuat dari aluminium. Begitu juga dengan pilar B. Bahkan diklaim, aluminium bisa mengurangi gangguan sinyal telepon seluler.

 

PT Grandauto Dinamika mengklaim bahwa dengan penurunan bobot yang cukup besar tersebut, beban kerja mesin jadi lebih enteng, konsumsi bahan bakar bisa dikurangi, pun begitu juga dengan emisi gas buangnya.

Dari segi desain luar, All-New Range Rover masih tampil kokoh layaknya generasi sebelumnya. Secara garis besar, tampilannya nampak jauh lebih stylish ketimbang beberapa generasi sebelumnya, namun Range Rover generasi keempat ini tetap memegang tradisi sudut mengotak sehingga menguatkan kesan tangguh sebagai ciri khas kendaraan buatan Land Rover. Tampilan depannya jadi semakin menarik dengan desain headlamp yang unik dan memiliki alurnya sendiri ke bodi. Sementara itu, desain insang hiu pada sisi mobil juga menjadikan All-New Range Rover menjadi lebih atraktif.

 

Dengan desain yang tangguh dan kokoh tersebut, All New Range Rover diklaim bisa menerabas banjir yang tingginya hampir 1 meter. Tentu saja kelebihannya yang satu ini sangat sesuai dengan kondisi kota-kota besar di Indonesia yang kerap terkena musibah banjir.

INTERIOR
Sebagai kendaraan yang di negara asalnya menjadi andalan kaum bangsawan Inggris, Range Rover dihadirkan dengan interior yang mewah dan telah didukung dengan kelengkapan teknologi berlimpah yang dikemas secara simpel dan ‘bersih’.

Nuansa kayu yang dikawinkan dengan warna putih mulai dari jok, dashboard hingga atap menjadikan kesan mewah pada All-New Range Rover semakin kuat.

Kenyamanan penumpang tidak hanya hadir berkat nuansa yang modern dengan balutan desain kontemporer itu saja, namun juga turut didukung dengan fitur-fitur unggulan yang telah disematkan di dalamnya. Penumpang akan dimanjakan dengan LCD 8 inci yang dilengkapi Meridian sound systems dengan kekuatan suara 1,700-watt, yang didengungkan oleh 29-speaker tsunami dengan suara three-dimensional. Fitur ini sudah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, Radio Digital (DAB), TV Digital, Hard disk Navigation System hingga voice control. Belum lagi jok All New Range Rover yang telah dilengkapi dengan fungsi pijat baik untuk penumpang depan maupun belakang yang semakin menambah kenyamanan ketika berada di dalam kabin.

Sistem penyejuk ruangan di dalam kabin juga diklaim merupakan yang terbaik di kelasnya. Selain itu pencahayaan di dalam kabin juga telah didukung oleh penggunaaan LED terbaru yang canggih untuk mengatur pencahayaan redup maupun terang.

Range Rover telah lama dikenal sebagai kendaraan yang memberikan para penumpangnya sensasi ketenangan dari kebisingan di luar mobil, dan dalam model terbaru ini berkat kecermatan, ketelitian serta perhatian pada hal-hal detail di seluruh proses pengembangan maka desainer All New Rang Rover telah berhasil menghilangkan kebisingan-kebisingan yang tidak diinginkan dengan mengoptimalkan struktur bodi, pelapisan akustik pada sisi-sisi kaca pintu, serta dipasangnya penutup mesin ganda baru yang dapat menghasilkan terjadinya pengurangan signifikan dari suara berisik yang dihasilkan mesin.

Fitur tambahan lainnya yang tertanam pada All New Range Rover cukup beragam. Antara lain : Adaptive Cruise Control, Park Assist, Blind Spot Monitoring, Closing Vehicle Sensing dan Intelligent Emergency Braking yang membuat Range Rover anyar dapat membuat pengendara maupun penumpangnya merasa lebih nyaman dan aman selama berkendara.

DAPUR PACU
Untuk konsumen Indonesia, All New Range Rover ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni diesel dan bensin. Untuk All New Range Rover SE menggunakan mesin 4.4L SDV8 Diesel yang dapat memuntahkan tenaga hingga 339 HP dengan torsi mencapai 700 Nm. Sedangkan untuk  bensin, Range Rover menggunakan mesin 5.0L V8 Supercharged Petrol yang mampu menelurkan tenaga hingga 510HP dan torsi hingga 625Nm. Tenaga mesin kemudian diolah pada transmisi otomatis 8-speed terbaru sebelum ditransfer pada keempat rodanya yang berukuran 20 inci.

Di negara asalnya, All-New Range Rover ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin yang sudah menganut standar emisi Euro5, namun khusus untuk All New Range Rover diesel yang dipasarkan di Indonesia telah diberikan penyesuaian dengan standar Euro4. Alhasil konsumen tidak perlu khawatir karena meskipun standar bahan bakar di Indonesia masih tergolong rendah namun All New Range Rover Diesel tetap boleh menggunkan bahan bakar yang ada di Indonesia.

VARIAN & HARGA
SUV ini ditawarkan dengan tiga pilihan harga (on the road Jakarta sebagai mobil pertama) :
1. All New Range Rover SDV8 (Diesel) : Rp 3 miliar
2. All New Range Rover V8 Supercharger (Bensin)  Rp 3,4 miliar
3. All New Range Rover V8 Supercharger Autobiography (Bensin) : Rp 3,7 miliar

All New Range Rover V8 Supercharger Autobiography merupakan varian ‘puncak’ dari Range Rover terbaru, dimana khusus untuk model yang satu ini dihadirkan dengan fitur lebih lengkap, interior lebih mewah serta lebih canggih dari varian ‘standar’.

Sayangnya untuk memesan maupun membeli All New Range Rover ini konsumen diharapkan untuk sedikit bersabar. Pasalnya indennya cukup lama yakni bisa mencapai 3 bulan lebih karena harus diimport langsung dari Inggris.