BMW Indonesia meluncurkan model baru 325i


autocarBMW Indonesia memperkuat segmen sedan kompak di Indonesia dengan meluncurkan model baru dan varian, 325i tersebut. Hebatnya, varian ini telah dirakit di Indonesia, yaitu di Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. Dengan persaingan pasar mobil kompak premium yang lebih ketat.

325i melengkapi rangkaian model Seri 3 yang sudah diluncurkan BMW pada Mei 2009, yaitu 320i Business dan 320i Executive. “Produk ini akan memperkuat portfolio BMW di Indonesia. Kami berniat memperkuat popularitas Seri 3 di Indonesia,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur PT BMW Indonesia, saat meluncurkan 325i CKD di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, hari ini.

Karena itulah, varian terbaru ini dari mesinnya lebih hebat, begitu juga fitur kelengkapannya dibandingkan Seri-3 sebelumnya, 320. Kendati demikian, eksterior tidak banyak berbeda. “Ada tambahan electric glass roof,” jelas Helena Abidin, Corporate Communicaton Director BMW Indonesia.

Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, 2,5 liter, begitu juga tenaga yang dihasilkan, 325i menurut Roberto Sumabrata, PR BMW, cocok untuk mereka yang suka ngebut. Pasalnya, tenaga mobil lebih besar. “Mobil kompak, tenaganya besar. Makin dikebut,” tegas Roberto. Menurutnya, 325i adalah sedan paling sporty dari Seri-3 yang dipasarkan di Indonesia

 

Kemampuan mesin 6 silinder segaris ini menghasilkan tenaga, 218 PS @6.500 rpm dan torsi 250 Nm @2.750 rpm. BMW mengklaim, sedan ini mampu melakukan sprint dari 0-100 kpj dalam 7,7 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakar, 1 liter untuk menempuh jarak 10,9 kilometer, emisi karbondioksida, 212 gram/km atau sudah mencapai standar Euro 5.

Interior mobil dilapisi kulit yang menyelubungi jok, lingkaran kemudi dan tuas transmisi. Juga ada fitur khas BMW, iDrive, multi media dengan harddisk 13 Giga Bytes. Untuk audio atau entertaintmen, BMW memilihkan Harman/Kardon Surround dengan 13 speaker, amplifier 420 watt dengan LOGIC7 multi channel,dan koneksi USB dan AUX.

 

Kelengkapan lain, layar monitor 8,8 inci di tengah dashboard yang menayangkan berbagai informasi tentang mobil ini, (juga bisa buat TV dan memainkan DVD). Tambahan lain adalah Bluetooth (untuk HP)i, tombol audio di setir.

Seperti beberapa produk BMW yang lebih mewah, 325i juga dipasangi Run Flat Tyres (RFT) 225/45 R17. Dengan RFT, mobil ini tetap bisa meluncur kendati ban kempes, sejauh 150 km, penumpang dua orang, sampai jarak 250 km dan kecepatan maksimal 80 kpj .

Untuk keamanan, ada kelengkapan airbag depan dan tirai (kaca), samping, penompang kepala aktif, Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution, Cornering Brake Control, Brake Assist, Dynamic Stability Control,dan Dynamic Traction Control. Harganya, Rp659 juta (off- the road).