Bore Up 130cc Yamaha Mio J dan Soul GT Dengan Piston 13 mm


Upgrade ruang bakar agar performa lebih besar sudah menjadi hal biasa bagi pemilik Yamaha Mio Sporty. Paket bore up set juga sudah banyak dipasaran. Tinggal pasang dan setingan komplit, motor langsung gas! Namun lain halnya dengan Mio J dan Soul GT tidak sama dengan Mio Sporty yang langsung comot paket bore up dari Mio Sporty. Ini dikarenakan diameter pen piston kedua motor ini tidak sama. Mio Sporty sendiri mengeksploitasi pen penghubung piston dengan setang piston yang berdiameter 15 mm, sedangkan Mio J dan Soul GT 2mm lebih kecil, yakni 13 mm.
Bore Up 130cc Yamaha Mio J dan Soul GT Dengan Piston 13 mm
“Maka dari itu jika melakukan bore up, Anda bisa mengaplikasikan piston dari motor lain asalkan pen pistonnya berdiameter 13 mm,” ujar Freddy A Gautama, tuner yang juga owner Ultraspeed Racing di Ciledug Tangerang. Ukuran pen 13 mm banyak digunakan pada sepeda motor tipe bebek. Jadi tinggal pilih saja asalkan diameter pistonnya lebih besar dari standar Mio J dan Soul GT yang hanya 50 mm. Sesama Yamaha bisa pakai piston Yamaha Jupiter Z, pen 13 mm dan diameter pistonnya 51 mm.

Jika belum puas, piston Kawasaki Kaze juga dapat diaplikasikan yang diameternya 53 mm ataupun Honda Sonic yang lebih besar lagi dengan diameter 58 mm. Ini juga ukuran standar, kalau ingin coba ukuran oversize dari masing-masing piston tadi bisa-bisa saja. Dipasaran tersedia ovesize dari 0,25 mm sampai 2 mm.

“Penggunaan piston Kaze dan Sonic sudah pernah kami lakukan, jelas jelas Freedy. Jika pakai piston Kaze, kapasitas ruang bakar bisa bengkak hingga 127,67 cc. Sedang kalau pakai piston Sonic malah tembus 152,9 cc. Lebih besar lagi bro!

Setelah sudah menentukan ukurannya, tinggal penyesuaian tinggi permukaan pistonnya. Dome-nya jangan terlalu tinggi agar tidak mentok pada cylinder head. Bagian bawah piston juga harus diperhatikan, jika terlalu panjang wajib dipotong karena akan menimbulkan benturan pada kruk as.

 

Selain pembenahan pada piston, yang harus diteliti lebih detail adalah proses pengerjaan memperbesar diameter blok silinder. Yamaha Mio J sendiri sudah menggunakan lapisa DiASIL. “DiASIL nya dihilangkan diganti boring. Kita bisa melakukan semuanya di bengkel. Kan sekarang sudah ada divisi bubutnya,” promo Freedy.