Tips Mengatasi Kegagalan Bisnis Waralaba


Tips Mengatasi Kegagalan Bisnis Waralaba

Berdasarkan penelitian, 80% dari usaha-usaha swasta kecil mengalami kegagalan di tahun pertama operasinya dan kurang dari 20% gulung tikar di tahun kelima. Waralaba, pada sisi lain, sedikit lebih berhasil. Hanya kurang dari 5% usaha waralaba yang gagal. Alasannya, hal itu berkat adanya penelitian pada fase awal usahanya. Berikut ini adalah tips bagaimana mengatasi kegagalan dalam bisnis waralaba:

 

1. Pembagian keuntungan seringkali tidak jujur, dimana penetapannya tidak selalu ditentukan  oleh franchisor.

BACA JUGA:  Alasan Jenuh dengan Pekerjaan

2. Kurangnya pengontrolan dan pengawasan, pemilihan bahan-bahan produk, distribusi bahan produk, serta kondisi masing-masing daerah tempat usaha dimana waralaba tersebut dijalankan.

 
3. Legalitas penggunaan hak paten seringkali berbeda akibat hukum dan perundang-undangan di masing-masing Negara yang berbeda satu dengan yang lain.

4. Konsep saat membuat waralaba yang seringkali kurang diterima oleh masyarakat yang kritis.

5. Lokasi yang buruk, seperti misalnya: toko terletak di jalan bebas hambatan yang sulit diakses dan adanya kendala tempat parkir.

 
BACA JUGA:  Tips Mengatasi Stres Saat Menganggur

6. Kurangnya promosi juga dapat menyebabkan waralaba kurang berkembang.

7. Kompetisi. Untuk mengatasi persaingan dengan usaha sejenis, diantaranya adalah dengan mencoba membuat usaha waralaba yang memiliki konsep dan produk yang berbeda