Tips Diet Sehat dengan Sinar Mentari Pagi


Menurunkan berat badan atau diet adalah salah satu cara yang banyak orang ingin melakukannya dengan berbagai bermacam-macam latihan, mengkomsumsi sayur dan buah memang betul, sayur dan buah penuh dengan nutrisi yang membantu tubuh anda akan terpenuhi dengan baik dan menjauhkan anda dari berbagai macam namanya penyakit.

Jika anda sering bangun pagi, tidak ada salahnya anda mencoba menurunkan berat badan dengan bantuan sinar mentari pagi. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Northwestern University Feinberg School of Medicine.

 

Selain kita ketahui sinar matahari sebagai sumber utama vitamin D, mengurangi kolesterol darah, penawar infeksi dan pembunuh bakteri, mengurangi gula darah, meningkatkan kebugaran pernafasan, membantu membentuk dan memperbaiki tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh ternyata sinar matahari juga sangat membantu anda yang sedang berada dalam program diet sehat.

BACA JUGA:  Tips Memilih Tabir Surya yang Baik Untuk Kulit

Untuk mengetahui seberapa besar manfaat sinar matahari untuk turunkan berat badan ini. Para peneliti melakukan pengujian pada sekitar 54 partisipan dengan rata-rata usia 30 tahun.

 

Kemudian semua partisipan dipasangi alat di pergelangan tangan untuk memonitor paparan sinar matahari. Selanjutnya partisipan di haruskan bangun pagi dan berjemur dibawah sinar matahari. Mereka juga di wajibkan untuk mengisi food diary yang mendokumentasikan asupan kalori sehari-hari. Kegiatan tersebut dilakukan selama satu minggu berturut-turut.

Dari penelitian tersebut, didapatkan fakta bahwa orang yang sering terkena sinar matahari pagi , memiliki BMI ( Body Mass Index ) lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang sedikit atau sama sekali tidak mendapatkan paparan sinar matahari.

 
BACA JUGA:  Memilih Minuman untuk Program Diet Anda

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut, dapat diambil dua uraian ilmiah, yaitu:

1. Berjemur dibawah paparan sinar matahari pagi yang menyerap kebawah kulit, membantu mensinkronisasi jam internal tubuh. Sinar matahari ini dapat membantu menkondisikan tubuh untuk mengirimakn sinyak ke otak bahwa pada jam tersebut adalah waktunya anda bangun, dan saat matahari terbenam serta langit gelap. Maka itu waktunya untuk tidur. Cara ini akan melatih anda untuk menerapkan jadwal tidur alamiah dan stabil. Pola tidur teratur dapat melancarkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

2. Cahaya dari sinar matahari dapat mengendalikan jam alami tubuh (ritme sirkadian tubuh). Sepanjang hari, ritme sirkadian menyebabkan fluktuasi tekanan darah, aktivitas, hormon, lambung, serta jam bangun dan tidur. Matahari pagi memancarkan cahaya biru dalam jumlah tidak sedikit, cahaya ini memberikan pengaruh paling kuat dalam mengatur irama sirkadian. Dengan teratur dan stabilnya ritme sirkadian memberikan efek positif bagi program diet yang anda jalankan. Dimana progam yang anda jalankan untuk menurunkan berat badan menjadi lebih cepat.

BACA JUGA:  Tips Diet untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Agar mendapatkan manfaat sinar matahari secara maksimal, anda dianjurkan untuk berjemur kurang lebih ±30 menit antara pukul 7:30 – 08:00. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berjemur antara lain berjalan atau berlari ringan, bisa juga dengan duduk santai sambil membaca koran diarea terbuka, menyiram bunga ataupun mencuci kendaraan seperti mobil dan motor.