Trik Mengobati Mata Bintitan


Trik Mengobati Mata BintitanMungkin dulu saat anda masih kecil, penyakit bintitan pada mata katanya disebabkan karena mengintip. Nyatanya itu hanya mitos saja karena tidak ada hubungan antara mengintip dengan penyakit bintitan. Dalam istilah kedokteran, bintitan biasa juga disebut hordeolum, yang merupakan benjolan kecil pada pinggir kelopak mata yang disertain dengan rasa gatal dan nyeri, dan benjolan tersebut juga bisa bertambah besar seperti bisul.

Biasanya, bintitan disebabkan karena adanya peradangan muara kelenjar pada lapisan kelopak mata atas maupun bawah dimana terdapat produksi cairan yang berguna untuk fungsi air mata dan keringat. Jika muara kelenjar itu tersumbat kotoran seperti debu maka biasanya mata anda akan meradang dan itulah yang disebut dengan bintitan.

 
BACA JUGA:  Tips Mencegah dan Mengobati Biang Keringat

 Walaupun bintitan bukanlah penyakit yang berbahaya, seperti jantung atau kanker, namun harus segera diobati. Mata bintitan tentunya membuat diri Anda tidak merasa nyaman. Penglihatan Anda jadi terganggu dan aktivitas pun menjadi tak bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, Anda harus segera mengobatinya dengan cara berikut ini:

  • Menggunakan tetes mata

jika mata sudah merasa gatal disertai nyeri pada pinggir kelopak mata, maka segeralah tetesi obat mata. Namun, jangan terlalu banyak meneteskannya karena bisa berdampak buruk juga pada kesehatan mata. Teteskanlah setidaknya 2 kali dalam sehari.

 
  • Memakai bawang putih
BACA JUGA:  Manfaat Dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Anda bisa memakai bahan dasar yang digunakan untuk memasak, yaitu bawang putih. Iriskan bawang putih atau tumbuk hingga halus, setelah itu bisa Anda oleskan pada bagian mata yang bintitan.

  • Mengompres mata

Penanganan yang bisa Anda lakukan jika mata bintitan adalah mengompresnya. Kompreslah dengan air hangat sambil memijat bagian kelopak yang mengalami bintitan. Dengan melakukan cara ini, bintitan akan mengecil dalam 1 atau 2 hari.

 
BACA JUGA:  Wah, Ini Dia Efek Jika Anda Terlalu Lama Duduk

Bintitan sebaiknya harus segera diobati agar tudak terjadi penyebaran infeksi ke kelenjar di sekitar kelopak mata. Jika diabaikan, bintitan bisa menimbulkan preseptal selulitis atau infeksi akut pada jaringan lunak di kelopak mata. Selain itu, kebiasaan Anda mengucek mata juga harus dihindari. Kuman yang berada di telapak tangan bisa masuk ke dalam mata jika Anda sering mengucek mata sehingga menyebabkan bintitan. Daerah kelopak mata juga harus Anda bersihkan untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk