Pentingnya Memahami Reksadana Pasar Uang Bagi Pemula


Pentingnya Memahami Reksadana Pasar Uang Bagi PemulaSebelum membahas lebih jauh seputar reksadana pasar uang sebaiknya kita ketahui dahulu reksadana pasar uang itu sendiri. Reksadana pasar uang merupakan salah satu dari jenis produk reksadana itu sendiri. Jenis ini memiliki perbedaan dengan reksadana konvensional. Pada Di sini aset investor tidak ditempatkan kedalam berbagai macam valas, tapi aset investor seluruhnya ditempatkan di dalam instrumen pasar uang (efek dengan hitungan jangka waktu kurang dari satu tahun) tersebut.

Bagi anda seorang calon penanam modal yang tergolong baru atau pertama kali mengenal dan memasuki dunia investasi saham reksadana sebaiknya memahami betul bagaimana alur prosesnya. Jenis investasi ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya deposito, namun perbandingannya tidak terlalu jauh. Obligasi pada investasi semacam ini memiliki jangka waktu yang pendek, serta para penanam modal / saham / investor dapat menentukan jumlah penarikan serta dapat memilih transaksi penarikan yang dapat dilakukan kapan saja tanpa ada batasan waktu.

 
BACA JUGA:  Tips Jitu Membeli Saham Secara Online

Para penanam modal / para calon investor tidak perlu khawatir dengan resiko yang ada, karena pada reksadana uang resiko nya tidak terlalu besar. Maka dari itu lah investasi jenis ini sangat baik untuk para penanam modal yang baru pertama kali menginvestasikan uang nya dalam produk reksadana. Dan seperti yang telah diketahui di atas, investasi reksadana uang adalah investasi dengan jangka waktu yang kurang dari satu tahun, sehingga resiko yang ada tidak akan terlalu besar, namun Return yang didapat adalah Return yang cukup tinggi dan sudah melebihi deposito biasa.

BACA JUGA:  Tips Forex Sebagai Investasi

Untuk memahami lebih jauh tentang dunia investasi / dunia pasar modal pada reksadana pasar uang tersebut, bahwa para penanam modal / para calon investor harus mengetahui terlebih dahulu bahwa investasi saham dari investor akan di investasikan mencapai sebesari 70 – 80 % oleh manajer investasi ke dalam produk-produk investasi reksadana dengan pendapatan tetap seperti dari pembayaran Bunga.

 

Reksadana pasar uang pun memiliki beberapa kelebihan selain yang tersebut di atas, seperti hal nya terlihat dari NAB ( Nilai Aktiva Bersih ) yang diketahui meningkat tinggi hingga mencapai di atas 40 %. Selain itu pula, Reksadana ini juga terbebas dari pajak dan memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan deposito. Jadi, tidak ada salahnya untuk para pemula yang baru memasuki dunia investasi reksadana jika menginvestasikan uang ke dalam reksadana pasar uang.