Tips Jitu Menangani Pengemudi yang Ugal-ugalan Dijalan


Tips Jitu Menangani Pengemudi Yang Ugal-ugalan DijalanMungkin anda pernah mengalami hal yang membuat konsentrasi anda terganggu pada saat anda berkendara dan salah satunya ialah ulah dari pengemudi lain yang ugal-ugalan dijalan banyak hal yang membuat mereka ugal-ugalan dijalan mungkin karena mereka terburu-buru atau juga memang mereka cenderung ingin menang sendiri dan tidak mengindahkan peraturan lalu-lintas yang ada.

Untuk itu perlu memahami beberapa ciri perilaku pengemudi yang ugal-ugalan. Pengemudi agresif biasanya :
1. Melanggar lampu merah dan tidak mengindahkan rambu stop.
2. Melaju kencang, tidak menjaga jarak (menempel terlalu dekat dengan kendaraan didepannya) dan melaju di antara lajur.
3. Menyalip kendaraan lain dari kiri.
4. Melakukan gerakan tangan atau gesture muka yang kurang pantas (tidak sopan)
5. Berteriak-teriak, membunyikan klakson berlebihan, dan mengedipkan lampu jauh secara terus-menerus.

 
BACA JUGA:  Tips Berkendara Yang Benar

Jika Anda menghadapi pengemudi berperilaku seperti ciri di atas, atau melihat Aggressive Drivers  tersebut, ada beberapa solusi menghadapinya :
1. Berusahalah menjauh dari pengemudi agresif tersebut dengan aman.
2. Jangan menantang pengemudi agrasif tersebut dengan ikut mempercepat kendaraan Anda atau mempertahankan jalur.
3. Pastikan sabuk keselamatan terikat dengan sempurna. Hal ini untuk melindungi anda dari maneuver tiba-tiba yang membahayakan.
4. Penting juga untuk menghindari kontak mata dengan pengendara agresif tadi.
Acuhkan segala gerak gerik atau gesture yang memancing emosi. Jangan menimpali gesture mereka.
5. Laporkan pengendara agresif tersebut kepada pihak berwenang atau penegak hukum. Jika pengemudi yang anda hadapi tersebut mengendaraai kendaraan suatu instansi (terdapat ciri kantor atau perusahaan) laporkan ke instansi terkait. Berikan gambaran kejadian, ciri kendaraan, nomor polisi kendaraan, lokasi serta arah perjalanan.
6. Jika memungkinkan, laporkan langsung kejadian melalui telepon genggam ke nomor darurat (polisi). Pastikan anda berada di tempat yang aman saat menelepon (menepilah dan jangan mengemudi sambil menelepon).
7. Jika pengendara agresif tersebut terlibat kecelakaan. Berhentilah di tempat yang aman dari tempat kejadian. Tunggu hingga pihak berwajib (polisi) datang ke TKP, Anda dapat melaporkan kejadian yang anda saksikan (terkait pengemudi yang agresif tadi).