Cara Mengatasi Rasa Mual dan Muntah Saat Hamil


Cara Mengatasi Rasa Mual dan Muntah Saat HamilIbu hamil dianjurkan mencukupi nutrisinya untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri dan janin. Namun beberapa ibu hamil sering mengalami berbagai masalah untuk memberikan nutrisi tersebut. Masalah yang sering dialami selama kehamilan adalah adanya rasa mual dan muntah.

Menurut dr Prima Progestian SpOG mengatakan bahwa 50-90% ibu hamil akan mengalami rasa mual dan muntah pada trisemester awal (minggu pertama) kehamilan. Trisemester awal kehamilan adalah saat usia kehamilan 1-12 pekan.

 

Biasanya rasa mual yang dialami ibu hamil, dikarenakan peningkatan kadar hormon estrogen. Rasa mual tersebut dapat membuat ibu hamil merasa lemas dan tidak enak badan sehingga memilih untuk tidak melakukan kegiatan atau aktivitas apapun.

BACA JUGA:  Mengenali Kolesterol dan Tips Mengendalikannya

Untuk mengatasi rasa mual dan muntah sebaiknya Anda tetap melakukan beberapa aktivitas. Berikut ini cara mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil:

 

Makan Permen Asam

Mengkonsumsi permen asam dapat membantu Anda menghilangkan rasa mual dan muntah pada trisemester awal. Namun Anda jangan mengkonsumsinya secara berlebihan agar asam lambung Anda tidak meningkat.

 

Mengkonsumsi Jahe

Jahe adalah obat alami yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa mual dan muntah. Saat ingin meminum jahe bisa Anda campurkan dengan teh hangat. Rasa hangat dari jahe dapat Anda rasakan menyebar ke seluruh tubuh Anda sehingga rasa mual dan muntah akan hilang sedikit demi sedikit. Namun Anda jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena akan terasa panas.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

Mengkonsumsi Buah Yang Dingin

Mengkonsumsi buah yang dingin dapat menghilangkan rasa mual dan muntah. Itu dikarenakan rasa dinginnya akan membantu Anda mengalihkan rasa mual. Namun Anda harus ingat untuk tidak mengkonsumsi buah nanas, pepaya, anggur dan durian selama masa kehamilan.

Berada Dalam Ruangan Dingin

Biasanya selama masa kehamilan Anda cepat merasa kepanasan dan akan semakin meningkat saat Anda merasa mual dan muntah. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk selalu berada dalam ruangan yang dingin agar menjaga suhu tubuhnya tetap seimbang.

BACA JUGA:  Cara Atasi Kebotakan Pada Pria

Berolahraga Ringan

Sebaiknya Anda tetap melakukan olahraga selama masa kehamilan untuk meringankan rasa mual dan mengobati morning sickness. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai pagi dan sore hari, yoga dan renang.