Cara Menghindari Laptop Dari Overheat


Cara Menghindari Laptop Dari OverheatCara pemakaian laptop pastinya berpengaruh pada usia pemakaian laptop tersebut. Memakai laptop dengan cara yang tidak benar akan merusak komponen-komponen laptop. Hal seperti ini seringkali terjadi namun jarang disadari oleh orang-orang saat laptop terlampau panas atau overheat.

Sebaiknya Anda jangan menggunakan laptop saat overheat karena akan mempengaruhi kinerja dan keawetan komponen di dalamnya. Komponen seperti hard disk akan berhenti berfungsi saat laptop Anda overheat dengan suhu tertentu. Jadi untuk mencegah laptop Anda dari overheat, disarankan untuk menyimak tips berikut ini cara menghindari laptop dari overheat.

 
BACA JUGA:  Tips Mempercepat Performa Laptop

1. Saat Anda menggunakan laptop di atas meja, sebaiknya Anda letakkan sebuah buku atau benda kecil dibagian bawah baterai laptop Anda. Hal ini bertujuan untuk membiarkan udara bersirkulasi lebih banyak di bawah laptop Anda. Pastikan tidak menutupi lubang kipas di bagian bawah laptop Anda.

2. Untuk menjaga kinerja sirkulasi udara dengan maksimal, Anda bisa mengganjal bagian bawah laptop Anda sampai tidak ada bagian yang menyentuh meja.

 
BACA JUGA:  Tips Membedakan Baterai Original dan KW

3. Hindari menggunakan laptop di atas karpet, sofa, dan bantal karena akan menutup ventilasi udara di bagian bawah laptop Anda. Jadi disarankan menggunakan laptop di tempat yang rata agar ventilasi udara di bagian bawah laptop Anda bekerja dengan baik.

4. Anda juga bisa menggunakan alas pendingin laptop atau perangkat kipas pendingin laptop untuk pendinginan yang lebih maksimal. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan laptop di ruangan yang sejuk atau ruangan yang memiliki Air Conditioner (AC) untuk mencegah laptop Anda menjadi panas.

 
BACA JUGA:  Tips Memilih Galaxy Tab Murah Dengan Fitur Canggih

5. Poin terakhir pastikan untuk membersihkan laptop Anda secara rutin dari debu-debu yang masuk ke dalam celah sirkulasi udara.