Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang


 Tips Cara Mencegah Gigi BerlubangPernahkah anda pergi ke Dokter gigi? Berapa kali dalam setahun anda melakukan perawatan gigi? Mungkin hanya sebagian kecil dari kita yang rutin melakukan perawatan gigi, mengingat biaya yang harus kita keluarkan tidak sedikit. Namun tahukah anda bahaya dari gigi yang tidak sehat? Salah satu masalah gigi adalah gigi berlubang. Mari kita cari tahu penyebab gigi berlubang dan bahaya gigi berlubang bagi kesehatan kita.

Penyebab gigi berlubang:
Seringkali kita beranggapan penyebab gigi berlubang karena mengkonsumsi permen, dan makanan atau minuman yang manis. Benar gak ya? Coba kita lihat apa saja penyebab gigi berlubang.

 

 Karies gigi: yaitu sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi   berlubang.

Cara menyikat gigi yang salah: Meski sebenarnya menyikat gigi terbilang mudah dilakukan, masih banyak orang yang salah melakukannya. Waktu menyikat gigi terbaik antara satu sampai dua menit. Usahakan untuk menyikat gigi dengan cara memutar-mutar sambil melihat cermin, agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Selain itu, setelah mengonsumsi minuman berenergi, minuman bersoda, atau minuman asam lainnya, jangan langsung menyikat gigi. Hal ini akan membuat zat asam tersebut malah tersebar merata di semua gigi. Sebaiknya berkumur-kumur dulu untuk menghilangkan bakteri yang ada, baru menyikat gigi.

 
BACA JUGA:  Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Bakteri Streptococcus Mutans: Tanpa kita sadari penyakit gigi berlubang dapat juga tertular dari orang lain yang menderita gigi berlubang melalui air liur/ludah, dan dapat juga tertular melalui alat makan seperti sendok, gelas.

Kebersihan gigi: setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis sebaiknya kita membersihkan gigi agar tidak ada sisa makanan.

 

Alat yang digunakan: Gigi geraham paling sering mengalami masalah berlubang karena letaknya yang berada di belakang membuatnya sulit terjangkau oleh sikat gigi. Bentuk mulut yang cenderung menyempit di bagian belakang juga mempersulit pembersihannya, apalagi bentuk kepala sikat gigi masih cenderung besar.

BACA JUGA:  Cara Alami Mengobati Batuk Kering

Bahaya gigi berlubang:
Gigi berlubang mempunyai akibat yang fatal jika tidak kita obati atau ditambal, karena akan mengakibatkan infeksi gigi menjadi meluas (abses) dan menjadi sarana masuknya kuman penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru, jantung, ginjal dan otak yang dapat menyebabkan kematian. Mengapa demikian? Karena pada gigi berlubang terdapat bakteri, dan bakteri tersebut dapat masuk ke aliran darah dan bisa mengintai jantung anda.

Cara mencegah gigi berlubang:
1. Jangan makan atau minum yang manis sebelum tidur.

2.Berkumur-kumurlah setelah makan agar sisa makanan tidak terus menempel dan mengurangi keadaan asam dalam gigi.

3. Membiasakan sikat gigi dengan benar terutama setelah makan, sebelum tidur dan sehabis makan atau minum yang manis.

BACA JUGA:  Tips Manjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

 4.Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

5. Gantilah sikat gigi minimal 3 bulan sekali agar tetap aman pada saat menyikat gigi.

6. Membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss minimal sehari sekali.

7. Membatasi konsumsi makanan manis dan lengket seperti permen, coklat dan minuman yang memiliki kadar gula sangat tinggi seperti sirup dan soda.

8.Hindari penggunaan tusuk gigi karena akan membuat celah antar gigi semakin besar atau bisa juga menyebabkan luka pada bagian gusi.

9.Konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu.

10.Konsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan gusi.

11.Konsumsi makan makanan berserat karena akan membuat gigi menjadi lebih kuat dan mencegah  terjadinya gigi berlubang.

12.Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali.