Beberapa Tips Dalam Memilih Ban Untuk Mobil Anda


Beberapa Tips Dalam Memilih Ban Untuk Mobil AndaBan yang berkualitas adalah salah satu fitur keselamatan yang paling penting dimobil Anda. Yang satu-satunya perangkat utama untuk menghubungkan mobil berjalan, dan teknologi keselamatan seperti Antilock Brakes (ABS) karena kontrol stabilitas elektronik tidak dapat bekerja dengan baik jika ban pada mobil Anda tidak memiliki cengkraman yang bagus.

Walaupun sedemikian pentingnya, ban adalah komponen yang sangat dipahami mobil. Namun saat ini ada beberapa jenis ban tetapi kita kurang informasi tentang mereka. Tidak ada ban yang paling bagus, dikarenakan kebutuhan setiap orang berbeda satu sama lain dalam memilih ban untuk mobil mereka.

Nah, disaat anda ingin membeli ban, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat memilih ban.

 

Jangan Terlalu Pelit Pada Ban Mobil Anda.

Ban yang murah banyak dijual dipasaran dan yang dirancang dengan kualitas kurang baik, ini dapat membuat jarak pengereman Anda lebih panjang dan kontrol yang kurang baik saat berkendara dalam manuver darurat. Setiap ban mobil memiliki rating masing-masing (AA, A, B, atau C). Upayakan untuk selalu membeli ban dengan rating A atau AA.

 

Jangan Pula Terlalu Boros Pada Ban Mobil Anda.

Seperti yang kita tahu, ban dengan yang ternama selalu menawarkan harga yang tinggi. Merek yang ternama memang cenderung memiliki tingkat yang berkualitas dan konsisten. Tetapi yang parlu Anda tahu, Kalau ada beberapa produsen ban yang kurang terkenal, namun menghasilkan produk unggulan yang lebih murah.

Jangan Berasumsi Ban OEM adalah yang Terbaik.

Ban OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah ban yang memang cocok dengan mobil Anda dipabrik. Tetapi membeli ban yang sama saat penggantian tidak selalu sama dari sebelumnya. Manufaktur mobil biasanya menginginkan ban yang dapat menempuh segala kondisi, baik pada musim panas atau musim dingin. Sebagai konsumen, Anda dapat membeli jenis ban yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda.

Pergi ke Dealer Ban yang Tepat.

Ketika waktu penggantian ban tiba, banyak orang yang pergi ke bengkel terdekat yang mungkin hanya menyediakan ban dalam jumlah dan kualitas terbatas. Namun, sebuah dealer yang memang menawarkan fill-service pastinya membawa berbagai macam merek dan juga lebih fokus dengan cuaca lokal atau kondisin jalan. Konsultasikan tipe mengendara Anda kepada dealer tersebut untuk mendapatkan saran terbaik.

Upayakan Untuk Selalu Memiliki Harapan yang Realistis.

Kinerjan ban biasanya cenderung haus lebih cepat, apalagi pengendara selalu berjalan jauh. Sementere itu, ban yang memberikan kenyamanan dalam berkendara mungkin kurang lincah di tikungan. Bicarakan hal ini dengan dealer ban yang Anda percayai, kira-kira pilihan ban apa saja yang relevan dengan kondisi jalan, cuaca, dan mobil Anda.

Upayakan Untuk Selalu Membeli Dua Set Ban.

Kebanyakan mobil biasanya menggunakan ban untuk semua musim. Jika Anda bertempat tinggal dikawasan tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi serta musim kemarau, Anda dapat membeli masing-masing satu set ban dengan kondisi tersebut. Ingat, ban “semua musim” yang biasanya terpasang di mobil Anda itu di desain untuk menghadapi segala cuaca, tapi tidak didesain untuk satu jenis kondisi cuaca.

Upayakan Untuk Selalu Membeli Empat Ban Sekaligus.

Ban yang baru umumnya mencengkram jalan lebih baik, maka dari itu cengkraman pada ban tidak seimbang. Akan lebih baik untuk mengganti sekaligus empat ban mobil Anda, dengan demikian kondisi dan kekuatan cengkraman ban akan sama. Tapi jika terpaksa harus mengganti berpasangan, upayakan ban baru tersebut ditempatkan di bagian belakang untuk membantu mempertahankan stabilitas mobil.

Tidak hanya itu, pada saat ban melakukan rotasi di setiap 5.000 – 7.000 Km, keempat ban memiliki tingkat ketipisan yang sama. Sehingga, ini memudahkan Anda untuk mengganti ban sekaligus. Dan yang perlu Anda Ingat, jangan pernah mengganti hanya satu ban saja. Jika salah satu ban sudah tidak bisa terpakai, ganti kedua (kanan dan kiri) ban, karena ini akan membahayakan stabilitas pada saat berkendara.

Jangan Abaikan Ban Baru Anda.

Ban mobil bukanlah barang yang bebas perawatan. Perlu Anda ketahui bahwa ban kehilang tekanan udara disetiap bulannya. Jika Anda membeli ban pada bulan Agustus, pada Januari Anda akan kehilangan 20% tekanan udara pada ban. Ban yang kempes akan menyedot bahan bakar mobil lebih banyak.