Spesifikasi, Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Splash


Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SplashMobil suzuki splash merupakan kendaraan roda empat yang telah diperkenalkan tahun 2008 dan merupakan kendaraan city car dikembangkan bersama antara Suzuki dan Opel. Opel juga memasarkan model ini dengan nama Opel Agila. Harus diakui bahwa pasar kendaraan kota merupakan yang terluas kedua di antara lini produk lain. Dengan dimensi yang relatif kecil, city car ternyata mampu menunjukkan performa mumpuni untuk memenuhi ekspektasi masyarakat tanah air. Aspek kenyamanan pun sudah jadi perhatian utama dari produsennya. Meski duduk dalam kabin mobil kecil, Anda akan tetap merasa lega dan nyaman.

Kini New Splash hadir dengan beberapa fitur menarik, dengan tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu menyenangkan untuk dikendarai, digunakan dan dimiliki atau fun to drive, use, and own it. Splash model baru memiliki desain khas mobil Eropa yang bergaya, elegan, dan modern. Balutan material berkualitas tinggi menjadikan kemasan yang sangat menarik selera konsumen. Bodi yang kompak diberi sentuhan aerodinamis yang jadi trend. Anda pun jadi pusat perhatian, baik saat membelah kepadatan lalu lintas kota maupun melibas tikungan dan bermanuver di area parkiran.

Konsumen tanah air boleh berbangga karena produk Splash terbilang istimewa. Ini merupakan mobil atau produk  berjenis mini hatchback pertama yang dipasarkan oleh Suzuki di Indonesia. Produsen menganggapnya mobil berpenumpang 5 orang ini sebagi starting point penting dalam penetrasi pasar city car. Karakter enerjik dan bergaya membuat Splash sangat cocok bagi kaum muda. Slogan Go Onwards-nya benar-benar nyata bagi pengendaranya, yang punya ambisi untuk slalu melangkah lebih jauh ke depan.

 

Spesifikasi Suzuki Splash
Pencapaian Splash yang membanggakan sejak kemunculan perdana di Tahun 2010 silam, mendorong produsen untuk terus menyempurnakan performa produk. Konsep Mini MPV yang diusungnya ternyata menarik animo masyarakat yang begitu besar. Permintaan pasar secara drastis meningkat karena Splash tidak lagi terbatas pada pemakaian secara individual. Keluarga muda atau pasangan muda dengan 4 orang anggota keluarga pun sudah bisa menikmati kenyamanan yang disuguhinya.

Splash matic kini menyempurnakan deretan lini produk Suzuki Indomobil Sales, sekaligus meningkatkan suhu persaingan di kelas city car. European Style Grille dan Adjustable Electric Mirror ditengarai menjadi perubahan paling kasat mata, selain penambahan pilihan transmisi otomatis atau AT. Oleh karenanya, hatchback andalan Suzuki ini menjadi semakin menyenangkan untuk dikendarai, digunakan dan dimiliki serta menegaskan karakter pengendaranya.

 

Ada perubahan pada Splash model baru dengan transmisi otomatisnya, yang diawali dari aspek eksterior. Beberapa di antaranya mencakup Head Lamp with Multi Reflector and Leveling Adjuster, Fog lamp, European Style Grille and Bumper dan Adjustable Power Electric Mirror. Selain itu, untuk menyesuaikan produk dengan selera konsumen, produsen menyediakan 6 pilihan warna menarik yaitu Midnight Pearl Black, Metalic Bakers Chocolate, Metalic Silky Silver, Superior White, Breeze Blue Metalic, dan Mystique Red.

Senada dengan penampilan luarnya, produsen pun membenahi interior Splash agar lebih nyaman untuk dikendarai. Fitur-fitur pendukung interiornya terdiri dari New Integrated Audio System, New Garnish Instrument Panel, New Dashboard, Steering Wheel, Seat with High Quality Material and Trim , dan Multi Compartment. Sebagai sebuah city car berkonsep Mini MPV, kabin Splash merupakan salah satu yang paling nyaman di kelasnya. Selain enak untuk dikendarai, memadai juga ketika memuat banyak barang bawaan.

Agar lebih jelas, di bawah ini tersaji spesifikasi Suzuki Splash secara lengkap, mencakup

Dimensi
Dimensi panjang 3,715 m, lebar 1,68 m, dan tinggi 1,618 m dengan panjang wheel base 2,36 m. Sementara jarak pijak roda depan – belakang sebesar 1,47 m – 1,48 m dan ground clearance setinggi 18,5 m. Dan minimum turning radius sepanjang 4,7 m.

Mesin
Untuk mendukung performa berkendara, New Splash menggunakan mesin type K12M yang juga didukung sistem transmisi otomatis. Mesin generasi terbaru Suzuki ini sudah dipakai secara global dengan teknologi Variable Valve Timing atau VVT. Output maksimum sebesar 85 Ps per 6.000 rpm dan torsi terbesar 113 Nm per 4.500 rpm sangat memadai bagi sebuah city car. Emisinya telah berstandar Euro 2. Artinya, gas buang Splash cukup ramah lingkungan. Sementara itu, transmisi otomatisnya akan memberikan kenyamanan pengendara saat melewati kondisi jalan yang macet.

Berat
Berat kosong kendaraan sebesar 1.015 kg untuk varian bertransmisi manual dan 1.035 kg untuk yang bertransmisi otomatis. Sedangkan berat kotornya sama yaitu 1.430 kg.

Transmisi
Ada 2 pilihan transmisi yaitu 5-Speed Manual Transmission dan 4-Speed Automatic Transmission.

Sasis
Sistem kemudi Splash didukung oleh Electronic Power Steering. Suspensi bagian depan menggunakan Mac Pherson Strut with Coil Spring dan di belakangnya memakai Torsion Beam with Coil Spring. Sistem pengeremannya di-support oleh Ventilated Disc pada roda depan dan Drum di roda belakang. Splash model baru memakai Velg Alloy Wheel 15 Inch dan ban berukuran 185 – 60 – R15.

Kapasitas
Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini memiliki tangki bahan bakar yang dapat menampung maksimal 43 liter BBM. Dengan kabin yang nyaman dan bahan bakar terisi penuh, Anda dapat menjelajahi seluruh kota bersama teman-teman atau keluarga tercinta.

Harga Mobil Splash
Kebijakan diskontinyu Karimun Estilo yang digulirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales, setidaknya telah mengubah posisi Splash di tengah persaingan memperebutkan pangsa pasar City Car. Bandrol versi Manual bertipe GL yang dibandrol sekitar Rp 150-an Juta, mampu menggantikan Estilo yang sudah pasti berlabel terjangkau. Langkah tersebut berhasil menarik minat konsumen. Pertimbangannya tidak diprioritaskan pada penurunan angka penjualan Estilo tetapi pangsa pasar Splash yang semakin menguat. Suzuki Indonesia menghadapi dua alternatif. Pertama, tetap mempertahankan kedua lini produk. Kedua, diskontinyu salah satu untuk fokus terhadap pengembangan produk selanjutnya. Berdasarkan alokasi anggaran pabrikasi dan kondisi perekonomian yang sedang berjalan, perusahaan memutuskan untuk menghentikan Estilo dan memprioritaskan Mini Multi Puspose Vehiclenya yang telah mendapatkan tempat di hati konsumen tanah air.

Bukti nyata keseriusan Suzuki Indomobil Sales dalam menjalankan kebijakannya adalah peluncuran Splash dengan transmisi otomatis untuk mendongkrak penjualan di kelas City Car segmen Low End. Menemani produk fenomenal Ertiga yang telah booming di Tahun 2012 lalu, Splash diharapkan mampu meningkatkan angka penjualan produk Suzuki secara keseluruhan. Harga Mobil Splash Matic yang tidak jauh berbeda dari versi manualnya menuai apresiasi yang luar biasa di bursa otomotif nasional. Distributor atau Agen Pemegang Merek Suzuki, melalui dealer-dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia telah mempersiapkan diri untuk melayani respon positif atas kehadirannya. Performa mumpuni untuk sebuah city car berinterior Multi Purpose Vehicle menjadi daya tarik yang tiada habis untuk diulas.

Berbagai event berskala nasional dan regional yang diadakan dalam rangka menjaga eksistensi produk, ikut berkontribusi memperkenalkan kualitas yang diusung mobil berpenumpang 5 orang ini. Meski membawa seluruh penumpang plus barang bawaan, kendaraan serba guna berbentuk mini tersebut, tetap tangguh melibas jalanan. Lincah dan bergaya sesuai karakter Go Onwards-nya tidak perlu diragukan lagi. Konsumen tidak hanya mendapatkan sebuah kendaraan roda empat, tetapi bisa mentransformasikan gaya hidup kaum urban yang tidak lekang, meski berada jauh di luar kota. Singkatnya, Splash memiliki sosok kendaraan kaum urban yang tangguh, berdaya muat mumpuni,  irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan menyajikan sebuah kelas city car yang Elegan.

Paket Kredit Suzuki Splash
Kini konsumen semakin dimudahkan untuk memiliki sebuah kendaraan untuk meningkatkan mobilitas dan mendukung aktivitas keseharian. Di kelas Mini Multi Puspose Vehicle, Suzuki menghadirkan Splash yang memenuhi kebutuhan mereka yang berkarakter Go Onwards, selalu melangkah ke depan. Keluarga baru dan kaum muda dengan segudang aktivitas di luar rumah sangat cocok dengan karakter kompak, lincah, dan bergayanya. Bursa otomotif nasional yang diramaikan oleh berbagai lini produk andalan masing-masing brand di kelas yang sama, mendorong Suzuki Indonesia untuk terus mengupayakan pelayanan terbaik bagi konsumen. Salah satunya dengan memberikan Paket Kredit Suzuki Splash sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas konsumen dan kepercayaan masyarakat terhadap produk.

Jenis kendaraan serba guna mini bukan berarti kehilangan sentuhan kenyamanan sebuah kendaraan yang mengutamakan ketangguhan, daya muat, dan irit konsumsi bahan bakar. Mesin generasi baru K-Series, K12M yang berbahan aluminium ringan, bertenaga, dan dikonfigurasikan pada mesin 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup terkenal tangguh membawa pengendara dan seluruh penumpang di berbagai medan jalan. Paket kredit Splash jelas menguntungkan konsumen karena mendapatkan kemudahan pembelian sebuah unit mobil Splash, sekaligus performa terbaik yang tersaji. Dapur pacu mobil berpenumpang 5 orang ini berkapasitas 1.200 cc, serta  mampu menghasilkan tenaga maksimum 85 PS per 6.000 rpm dan torsi terbesar 113 Nm pada 4.500 rpm. Penggunaan Teknologi Drive by Wire, membuat kinerja mesin lebih responsif dan akurat. Alhasil, Splash memiliki tenaga yang powerful dan irit bahan bakar dengan emisi berstandar Euro 4.

Keistimewaan kredit Splash begitu menarik, baik untuk mereka yang baru pertama kali membeli mobil maupun yang sudah familiar dengan produk-produk terbaik PT Suzuki Indomobil Sales. Besarnya uang muka atau down payment yang bisa dinegosiasikan dan cicilan ringan berbunga rendah yang kami berikan, semakin memanjakan konsumen, terlepas dari harga yang sudah terjangkau. Namun sekali lagi, performa produk yang telah teruji dan pelayanan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan tidak pernah Kami tinggalkan. Di balik paket kredit yang Kami tawarkan, konsumen mendapatkan sebuah Mini MPV yang memiliki eksterior bergaya, mewah, dan elegan. Kenyamanan berkelas disajikan dalam kabin yang lapang, bagasi luas, dan kursi belakang yang mudah dilipat, membantu masuk-keluar barang bawaan. Fitur audio, yang hanya ada pada kendaraan setingkat di atasnya dan High Safety Level Body TESS yang melindungi penumpang dari benturan samping melengkapi sensasi berkendara. Masih banyak keunggulan lain yang bisa ditemukan ketika konsumen datang dan memanfaatkan paket spesial yang telah Kami siapkan

Keunggulan Suzuki Splash
Hampir sama dengan model se-brand-nya di segmen city car, keunggulan Suzuki Splash terletak pada desain dan fitur kenyamanan – keselamatan berkendara.

Desain Eksterior Dan Interior Splash
Splash model baru mempunyai tampilan luar yang makin stylish, mewah, dan elegan. Desain eksteriornya sangat sporty dengan lekukan memanjang vertikal di kedua sisi dari arah belakang dan menyatu pada bagian depan kendaraan. Penampilan Splash kian mewah dan sporty dengan penambahan fitur-fitur baru. Yang paling mencolok yaitu European Style Front Grille and Bumper dan Adjustable Power Electric Mirror.

Kesan tangguh dan elegan pada tampilan depan dan belakang Splash dipertahankan untuk menjaga ciri khasnya. Desain Smiling Front Grille, memberikan karakter fun dan mewakili jiwa pengendara yang ingin menghadirkan kegembiraan dalam setiap aktivitas keseharian. Selain berfungsi estetika, Front Grille juga mampu mengalirkan udara ke mesin, sehingga menghambat over heat pada ruang mesin.

Begitu Anda masuk kabin Splash, kesan luas dan lapang segera terasa. Head room dan leg room menjadi pendukung kenyamanan dan tersedianya ruang yang cukup untuk bagian kepala serta kaki pengendara. Konfigurasi pintar pada kursi baris belakang yang mudah dilipat, sangat memudahkan masuk – keluar barang bawaan dan menambah ukuran bagasi jadi ekstra luas. Meski berukuran kecil, Splash didesain untuk berkarakter Mini MPV sehingga memiliki daya muat memadai dengan tingkat kenyamanan tinggi.

Fitur audio pada New Flash menjadi keistimewaan tersendiri karena hanya ada pada kendaraan setingkat di atasnya. Jadi Anda bisa menikmati dan dimanjakan entertainment system berkualitas tinggi dari city car dengan harga yang sangat terjangkau. Integrated Audio System 2DIN with Radio, CD, MP3, dan USB Function siap memanjakan Anda selama perjalanan.

Fitur Keselamatan Dan Kenyamanan
Splash model baru mempunyai body yang sangat kokoh untuk melindungi penumpang dari benturan keras dan menjaga ruangan kabin tetap aman. Pintu samping Splash dilengkapi fitur Side Impact Beam di bagian dalamnya sehingga benturan yang datang dari arah samping kendaraan dapat diminimalisir. Aktif safety system lainnya yaitu safety belt dengan teknologi 3 point ELR atau emergency locking retractor. ELR memiliki fungsi untuk mengunci secara otomatis pada saat terjadi hentakan atau benturan tiba-tiba.

Fitur Child Proof Door Lock sangat membantu keluarga muda atau pasangan muda untuk menjaga keamanan selama berkendara. Fitur tersebut berfungsi sebagai kunci pengaman pada pintu samping belakang. Saat fitur diaktifkan, pintu belakang hanya bisa dibuka dari handle di bagian luar pintu. Anak-anak tidak bisa sesuka hati membuka atau menutup pintu mobil. Sedangkan untuk mendukung sistem pengereman, New Splash dilengkapi fitu keselamatan berkendara yang terdiri dari fitur ABS dengan fungsi EBD-nya.