Racikan Upgrade Honda CS 1 Turun Di Drag Bike


Racikan Upgrade Honda CS 1 Turun Di Drag BikeSejak tahun 200-an, racikan M.Sapuan tuner dari bengkel RMC yang bertempat di Jl. Kalibaru No. 69, Kranji, Bekasi Utara, Jawa Barat ini memang dikenal banyak orang yang doyan main oplosan. Cara ini pun dipakai untuk jurus korek Honda CS 1 turun di drag bike.

Pria asal nganjuk ini lebih mengarah pada part oplosan standar motor lain yang dioptimalkan agar kencang. “Julukannya oprek murahan, tapi bisa diadu,” ujar mekanik yang doyan guyon ini.

Kelebihan dari motor pabrikan sayap mengepak lansiran 2008 ini sudah disaksikan banya penggemar event drag bike SIP KYT KAC Noname 201 M Championship 2015 yang dihelat di sirkuit Deltamas Speedway Cikarang, Jawa Barat, beberapa minggu lalu.

 

Sang joki “Cendy Gerry” mampu beradu nyali di 201 m dalam waktu 8,852 detik dan sempat bertengger di posisi 4 pada babak penyisihan. “Sayang, waktu mau final hujan lebat turun. Jadi, potensi merebut podium gagal hari itu,” sesal Sapuan.

Untuk mendapatkan performa tersebut, Honda CS 1 turun di drag bike step awal camshaft diatur ulang durasi total 280°. Rinciannya in membuka di 32° sebelum TMA dan menutup 62° setelah TMB. Sedang bagian ex disetting membuka di 68° sebelum TMB dan menutup di 38° setelah TMA. Saat diukur, lobe center (LC) in berada di angka 108° dan ex di 102°. Sehingga membuat karakter mesin lebih sip di putaran bawah hingga menengah, sesuai permintaan Cendy Gerry selaku pembalap tim RMC Sapuan Waras Bro.

 

Sedangkan sektor pengapian, dipercayakan pada sistem total loss. Putaran rotor dibuat tidak lagi terbebani gaya magnet karena sepul dan magnetnya dilepas. Sementara otak pengapiannya dipasang CDI BRT iMax 24 step, dipadukan dengan koil standar pabrik.

Dengan itu, komprensi berada pada 13,7 : 1 setelah dihitung pakai buret. hal ini dihasilkan dari pemapasan head sebanyak 0,8 mm yang berisikan klep standar Honda CS-1 dengan ukuran in 24 mm dan ex 22 mm. Serta penggunaan piston merek Izumi 59 mm yang dibikin jenong dan diset mendem 0,8 mm dari bibir liner, agar durabilitas mesin tetap terjaga. Oh ya, karburator pakai Mikuni Sudco PWK 28, dengan pilot jet 60 dan main jet 118.

DATA MODIFIKASI :

Ban depan : Corsa 50/90 R17
Ban belakang : Eat My Dust 60/80 R17
Pelek depan : Takasago 1.20 x 17
Pelek belakang : Takasago 1.60 x 17
Sok Belakang : YSS
Handgrip : KTC