Modifikasi Fun Race Yamaha Scorpio Z, Oversize 50 Cukup Menantang


Dalam ajang fun race D-Event April lalu banyak kelas yang dibuka dan adu nyali ngesot begitu bersaing ketat. Nah, yang berhasil masuk finish duluan, motor besutan R9 Racing Team ini nih. Digas oleh Stefanus Balank yang sukses menguasai lintasan sirkuit Gokart Sentul, Jawa Barat. Enggak tahunya inilah modifikasi Yamaha Scorpio Z untuk balap fun race.
Modifikasi Fun Race Yamaha Scorpio Z, Oversize 50 Cukup Menantang
“Racikan dapur pacu tidak terlalu ekstrim, hanya mainin bagian atas doang. Bawahnya masih bawaan pabrik,” ujar Adi Furqon, selaku chief mekanik R9 Racing Team yang bermarkas di Jl. Sukarjo Wiryapranoto No.95, Jakarta Barat.

Konsep modifikasi Yamaha Scorpio Z memang dikhususkan untuk balap fun race dengan penggunaan seher standar oversize 50, sehingga diameter seher jadi 70,5 mm. “Awalnya ini motor sempet riset pake seher oversize 100. Tapi, pas dipake latihan trouble mulu. Jadi, lebih pede pake oversize 50 aja,” beber Adi.
Modifikasi Fun Race Yamaha Scorpio Z, Oversize 50 Cukup Menantang
Untuk sektor selinder kop, peran utama diserahkan pada klep EE berukuran 29/34 (in/ex). Penggerak buka-tutupnya diset di angka 270o untuk in. Dengan rincian, kem membuka klep in pada angkatan 1 mm saat 34o sebelum TMA dan menutup 60o sesudah TMB. Sementara untuk ex diset di angka 279o, yang membuka 60o sebelum TMB dan menutup 35o sesudah TMA. Tinggi lift in dan ex dibikin sama, 8,7 mm. Sedangkan rasio kompresi mesin dipatok 12,4:1.

Sedangkan bagian karburator dipercayakan pada Keihin PWK dengan lubang venturi 28 mm. Setelan pilot jet dan main jet dibikin 60/125 yang dialiri bahan bakar Pertamax Plus.

 

Data Modifikasi :

Ban depan : FDR MP76 90/80-17
Ban belakang : FDR Sport XR 120/70-17
CDI : BRT
Knalpot : R9 Racing