Biar Tetap Fit Yuk Tune Up Sendiri Mobil Kesayangan


tune up mobil

Senang rasanya jika mobil melaju dengan tenang tanpa endut-endutan. Nah biar bisa seperti itu kondisi mobil perlu dijaga dengan tune-up mesin mobil. Tujuannya agar tarikan enteng mesin halus dan tidak endut-endutan. Kita pun bisa melakukannya sendiri caranya mudah kok.

1. Periksa oli mesin jika sudah saatnya diganti, segera diganti dengan oli mesin sesuai saran pabrikan mobil atau yang sering anda gunakan.

 

2. Bersihkan filter udara dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi. Jika filter udara sudah terlampau kotor sebaiknya segera diganti. Jangan lupa bersihkan pula rumah filter dengan hal serupa kemudian lap menggunakan lap bersih.

3. Periksa busi, gunakan kunci busi untuk membuka busi kemudian lihat pada ujung busi (elektrodanya) jika kotor bersihkan menggunakan amplas halus atau sikat kawat. Ukur kerenggangan busi menggunakan feeler gauge jarak ideal 0,8 mm sampai 1,1 mm. Untuk mobil xenia jarak idealnya 1,1 mm. Jika elektrode sudah aus sebaiknya busi diganti dengan nomor yang sama. Untuk mobil Avanza / Xenia berbeda tipe busi mobil VVTI dengan yang biasa. Pasang busi dengan baik dan tepat agar tidak merusak alurnya.

 

4. Langkah selanjutnya bersihkan karburator atau throtle body pada mobil jenis Avanza / Xenia. Caranya nyalakan mesin mobil kemudian semprotkan cairan pembersih karburator, tahan gas pada angka sekitar 1500 RPM, usahakan mesin mobil tidak mati.

5. Pasang seluruh komponen yang tadi dilepas dengan baik.

Tuntas sudah tune-up nya. Biar lebih lega ritual cuci mobil dulu supaya lebih pede bawanya.Selamat berkendara!