Bore-Up 130cc : Beda Harga Beda Kualitas


Bore-Up 130cc : Beda Harga Beda KualitasBagi teman-teman yang berjiwa balap, lebih tepatnya penggemar balapan di kelas 130 cc yang ingin bore up skutik harian yang tenaganya setara dengan motor balap? Enggak usah bingung, banyak bengkel atau matic shop menyediakan paket untuk keperluan tersebut.

Soal harga pastinya beragam, tergantung part racing yang dipakai dan ketersediaan barang. Sementara waktu pengerjaan, rata-rata bengkel atau matic shop klaim bisa selesai paling lama 2 minggu. Berikut beberapa penggantian dan pengerjaannya :

Kepala Silinder.
Pada konten ini berseluk-beluk dengan aliran bahan bakar menuju ke ruang bakar. Maka klep standar diganti valve berdiameter payung lebar.

 

“Pilihan yang tepat bisa menggunakan milik Honda Sonic yang diameter payungnya dikecilkan sesuai kebutuhan. Contoh, ukuran klep in 28 mm dan ex-nya 22 mm,” papar Eko Febrianto, mekanik GMG di Purbalingga, Jateng.

Setelah komplit disitu, kita berlanjut kebagian noken as. Bagian ini bisa mengaplikasi part racing. “Bisa juga melakukan custom pada cam standar,” urai Benny ‘Baong” Pria, pembalap yang juga jadi mekanik bengkel Surabaya Motor di Jl. Sukarno-Hatta, Bandung.

 

Nah, yang paling terakhir adalah penyesuaian di kepala silinder adalah memperlancar aliran bensin masuk dan keluarnya sisa pembakaran (porting &polish).

Silinder Blok.
Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dikelas 130cc, mesin skutik yang 110 cc mesti dibore-up. Cara yang dilakukan, dengan menjejalkan piston berdiameter 54,5 mm atau bisa juga 53,4 mm. Jangan lupa, belinya sekalian ring pistonnya.

CVT.
Untuk bagian ini tergantung dari panjang pendeknya sirkuit. Ini juga terbagi atas 2 bagian (depan & belakang). Bagian pertama alias depan, penggantian part racing meliputi berat roller dan pulley. Khusus di bagian pulley, selain ganti dengan yang racing juga bisa melakukan custom pada bawaan pabrik. Sedangkan ubahan di bagian belakang, meliputi penggantian kampas kopling yang kompetisi, belt dan penggantian per kopling sentrifugal yang racing.

Karburator.
Bohong saja, bila kapasitas mesinnya sudah besar dan ingin dapat tenaga gahar, namun asupan bahan bakarnya enggak lancar bin sedikit. Makanya biar bisa sesuai dengan apa yang sudah diperbuat pada mesin, dibutuhkan karburator berdiameter venturi agak besar. Pilihannya ada beberapa. Bisa pakai karburator Sudco 24 atau Keihin PE28.

Knalpot.
Pembuangan dari pembakaran, mesti diperlancar. Cara satu-satunya adalah dengan mengaplikasikan knalpot free flow. Jika tidak maka tenaga mesin enggak bakal maksimal.