Modifikasi Yamaha Mio 2008 Model Trail


Modifikasi Yamaha Mio 2008 Model TrailMotor trail sudah banyak kita jumpai, modifikator penggila trail asal Purwokerto, Jawa Tengah yang ikut memamerkan hasil karyanya di Jambore MX Rider di Bandung akhir pekan lalu. Artinya, motor trail lebih enak untuk dikendarai. Itulah alasan ia memodifikasi motor Yamaha Mio Soul 2008 miliknya.

Dalam mencapai keinginannya untuk menjadikan motor Yamaha Mio Soulnya yang nyata-nyata 100% matic menjadi trail, Penggila trail ini menuju ke rumah modifikasi Internusa yang beralamat di Jl. Beringin Blok DI/221 Perum Berkoh Indah, Purwokerto, Jawa Tengah. Satu permintaannya adalah, ubahlah Mio itu menjadi absolute trail.

Alahsil, Mukti yang pemilik rumah modifikasi memutar balikkan fikirannya untuk mengubah panampilan Mio Soul. Bagian pertama yang dirombak adalah sasis. Sasis baru dibuat sendiri, baik desain maupun proses pengerjaannya. Semua dilakukan secara body hand made.

 

Perubahan selanjutnya adalah stang. Stang asli dicopot untuk diganti dengan stang SSR tipe fade barr agar daya handling di saat si Mio Trail nnatinya bermanuver di-track lebih kuat. Selanjutnya, bagian shock breker depan pun tak luput dari penggantian, kali ini Mukti menggunakan jenis trail mengikuti konsep trail.

Untuk bagian kaki depan, menggunakan pelek ring lingkaran 17 yamaha F1ZR yang dibalut dengan ban merek swallow ukuran 100/70. Sedangkan untuk masalah pengereman depan, tetap menggunakan rem asli kepunyaan Yamaha Mio Soul.

 

Dalam menstabilkan kemampuan motor Mio jika digunakan di-track, shock breker belakang harus dirubah. Per shock breker sangat berperan, yang digantikan dengan per milik vespa. Tidak hanya itu, bentuk leher diubah mengikuti mengikuti konsep trail, dan ditambah plat besi pada sisi kanan sebagai stabilizer.

Kemudian tambahan pada kaki belakang menggunakan ring lingkarang 14 Yamaha Mio dan dibalut dengan ban merek swallow ukuran 90/100 dengan mempertahankan rem tromol asli bawaan Mio.

Selanjutnya kita beralih ke karburator, Mio soul memiliki karbu berukuran 24 yang diganti dengan ukuran 28. Tidak sampai disitu, performa mesin Mio yang tergolong kecil menjadi kendala saat melakukan atraksi. Untuk itu, kapasitas mesin Yamaha Mio Soul di bore up jadi 150cc, katanya.

Dengan memiliki kapasitas mesin 150cc, ini sudah lumayan. Yang ditambah kenalpot hand made hasil kerjanya dipasangkan pada impossible matic agar suara menjadi lebih bogar pada saat di tunggangi. Ayah dua anak ini mengakui tidak ada kesulitan dalam pengerjaannya. Waktu selama 2 minggu proses pengerjaan sudah terlalu lama baginya.