Suzuki Grand Vitara, Hadir Dengan Nuansa Macho


Suzuki Grand Vitara 2013

Sejak tahun 1992 lalu, Suzuki Vitara telah melenggang di jalanan Indonesia. Dalam kurun waktu 20 tahun tersebut, SUV andalan Suzuki ini telah mengalami beragam perubahan guna menyesuaikan diri akan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Perubahan terakhir pun terjadi pada akhir tahun 2012 lalu, yaitu dengan diluncurkannya Suzuki Grand Vitara oleh PT. Suzuki Indomobil Sales. Lantas bagaimanakah wujudnya? Yuk coba simak pembahasannya.

Design
Desain samping Suzuki Grand Vitara 2013

 

Kebanyakan kendaran, jika menghadirkan model terbaru, pastinya desain akan berubah mengikuti perkembangan jaman. Namun Suzuki Grand Vitara ini tidak. Memang banyak perubahannya, namun tidak dipungkiri bahwa desain generasi awal hingga yang terbaru ini masih sangat terasa.

Ganteng! Yups, memang itulah kata yang pertama terlintas saat melihat mobil ini. Masih mempertahankan desainnya yang mengkotak, Suzuki Grand Vitara hadir dengan nuansa yang cowok banget.

 

Desain belakang Suzuki Grand Vitara 2013

Kesan tangguh dan kokoh berhasil dihadirkan oleh Suzuki dengan adanya lekukan pada sisi mobil. Tak hanya itu, velg berukuran 18 inci palang 10 yang disematkan juga berhasil membuat Suzuki Grand Vitara ini terasa kuat. Roda cadangan kini berada di sisi belakang, namun di-cover dengan penutup sewarna bodi, sehingga menjadi lebih rapih.

Masuk ke dalam kabin, Suzuki Grand Vitara hadir dengan kesan yang cukup sederhana, terlihat dari jok yang dibalut bahan fabric. Namun dengan menggunakan warna hitam pada keseluruhan memberikan rasa elegant. Sementara itu, tedapat kombinasi pada dashboard yaitu paduan antara warna silver dan hitam, yang sedikit memberikan pencerahan.

Performance

Performa Suzuki Grand Vitara 2013

Mesin berkapasitas 2.4L berkode J24B DOHC VVT masih dipercayakan sebagai jantung pacu dari Suzuki Grand Vitara. Dengan mesin ini, maka mobil dapat melahap jalanan dengan ditemani tenaga mencapai 166 PS dan torsi 225 Nm.

Penasaran, kami pun mencobanya langsung dari balik kemudi. Benar saja, torsi dari mesin langsung terasa meski masih di putaran 1.500-2.000 RPM. Pada kecepatan rendah, mobil terasa cukup nyaman. Demikian pula kala melahap jalan yang tidak rada, bagian kaki-kaki mobil bisa meredam guncangan.

mesin suzuki grand vitara 2013 indonesia

Sementara pada kecepatan tinggi, Suzuki Grand Vitara juga cukup mumpuni. Begitu melihat jalanan kosong, kami langsung tekan pedal gas dalam-dalam. Mobil sanggup berakselerasi dengan cepat meski tidak cukup menyentak. Hanya butuh waktu sedikit untuk mencapai kecepatan 140 km/jam. Pada kondisi itu, pengendalian terasa cukup mudah dan stabil. Namun selepas dari kecepatan tersebut, mesin terasa berat dan mobil terasa agak limbung. Saat itu juga, kami pun langsung mengurangi kecepatan demi keamanan.

Comfort

interior suzuki grand vitara 2013 indonesia

Mungkin bisa dibilang bahwa Suzuki Grand Vitara adalah mobil SUV yang cinta keluarga. Bagaimana tidak, kenyamanan di kabin tengah tidak kalah dengan kabin depan. Selain legroom yang cukup luas, kabin tengah juga dilengkapi dengan arm rest. Belum selesai, sandaran jok cukup rebah dibanding kompetitornya, sehingga rasanya cocok untuk perjalanan jauh meski dengan kapasitas maksimal.

Sementara itu untuk kabin depan, jok telah didesain semi bucket. Hal ini menyebabkan posisi mengemudi menjadi lebih nyaman. Dari sisi pengemudi juga rasanya cukup ergonomis. Tangan tidak terlalu jauh untuk menggapai fitur-fitur yang ada.

Interior belakang suzuki grand vitara 2013

Namun kaca depan terasa menentang pakem mobil SUV. Pasalnya, sudutnya terasa kurang melandai sehingga memberi kesan sempit dan jarak dashboard menjadi lebih pendek. Posisi dashboard juga terasa agak tinggi meski tidak mempengaruhi jarak pandang pengemudi.

Bicara soal kesenyapan, Suzuki Grand Vitara rasanya cukup nyaman. Di kecepatan rendah hingga 120 km/jam, pengemudi dan penumpang masih bisa berbincang-bincang dengan nyaman tanpa harus berteriak. Suara mesin dan lainnya tidak terlalu masuk ke dalam kabin.

Features
 Fitur suzuki grand vitara 2013

Untuk fitur, Suzuki Grand Vitara terasa cukup memuaskan kebutuhan hiburan sebuah keluarga. Pasalnya, mobil ini telah dilengkapi dengan head unit yang terbilang cukup lengkap, mulai dari TV, CD Changer hingga 6 CD dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Suzuki juga telah menyematkan speaker di tengah dashboard sehingga cukup membantu dalam menciptakan surround. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa head unit tersebut agak ‘lemot’. Pasalnya untuk mengoperasikannya, head unit ini mengalami jeda beberapa saat. Tetapi adanya steering audio control lebih memudahkan pengaturan audio.

fitur suzuki grand vitara 2013

Pentingnya penerangan di malam hari dirasa penting oleh Suzuki. Makanya headlamp Suzuki Grand Vitara telah disematkan proyektor. Hasilnya? Terang! Cahaya lampu berhasil menjangkau jarak yang cukup jauh dan lebar serta fokus.

Price

Bicara soal harga, Suzuki Grand Vitara memang terbilang cukup terjangkau. Untuk varian terendahnya, Suzuki Grand Vitara hanya di banderol dengan harga Rp. 302 juta. Sementara untuk varian tertingginya dibanderol dengan harga Rp. 335,5 juta. Cukup menggoda bukan?