Modifikasi Jadul Yamaha Scorpio Mirip Bastert-Werke


Modifikasi Jadul Yamaha Scorpio Mirip Bastert-WerkeTidak diragukan lagi dengan model modifikasi tunggangan kuda besi milik Eric yakni Yamaha Scorpio yang cari satu-dua miripnya BMW R26 atau R27. Eric yang memiliki selera modifikasi jadul, ternyata tidak sengaja menciptakan anggapan itu dan tidak ada lagi keraguan dalam memberikan sentuhan modifikasi kuda besi miliknya sesuai seleranya. Berawal dari pemasangan tangki dari motor klasik Bastert-Werke Bielefeld yang mulai mengaspal di Jerman pada tahun 1930-an. Memang sih, awal pertama membangun motor ini hanya suatu kebetulan bisa menemukan tangki Bastert-Werke ini. Bagi Eric yang memang jual beli spare part motor langka, juga merasa beruntung bisa aplikasi tangki ini di motornya. Nah, berawal dari sinilah konsep modifikasi dimulai.

Sebelum membangun motor ini memang tak bermaksud ingin seperti BMW R26. Akan tetapi, bentuknya yang bertema dari motor jadul, jadi tak berbeda jauh. Ubahan yang menjadi ciri memang berawal dari tangki. Setelah itu penyesuaian di beberapa sektor pun mengikuti. “Rangka mulai dari tengah dipotong,” tambah Eric.

Dan selanjutnya perubahan pada sasis tengah. Soalnya dudukan tangki juga jadi berubah. Harus tepat dan presisi. “Memang paling sulit saat buat dudukan tangki ini. Jadi, harus teliti dan cermat biar center,” tambah Eric yang bengkelnya beralamat di Jl. Sakura, No.17, Sumur Bor, Cengkareng, Jakarta Barat.

Walaupun memiliki konsep motor jadul, tapi kaki depan dimodali sok modern. Peredam kejut depan pakai dari Yamaha Byson berikut segitiga dan setangnya. Dan sok belakang juga aplikasi dari Kawasaki Ninja 150. Sok yang aslinya untuk monosok ini oleh doi pakai dua untuk kanan-kirinya.

 

Sentuhan pada jantung pacu juga dilakukan pada Scorpio klasik ini. Piston diganti pakai FIM buat Scorpio yang oversize 50. Dengan penampilan yang sekarang dan perubahan sedikit pada mesin, bikin Eric pede. Buktinya waktu event Otobursa beberapa waktu lalu, sempet ada yang nawar sampai Rp 25 jeti. “Kalau dia berani Rp 35 juta, saya bakal kasih deh,” papar Eric yang gondrong itu.