Tips Mengatur Rambut Halus Agar Terlihat Mempesona


Tips Mengatur Rambut Halus Agar Terlihat MempesonaSeorang wanita yang memiliki tekstur rambut halus adalah salah satu yang dapat membuat repot sebagian wanita jika anda ingin tidak terlihar lepek dan berminyak, cobalah anda mencoba tips menata tekstur rambut halus yang benar yang diberikan oleh lutimnews.com/tips pada kesempatan kali ini. Namun, tekstur rambut seseorang tak terlepas dari pengaruh faktor genetik. Gen mengontrol ukuran dan bentuk folikel rambut, sehingga, rambut yang halus dan tipis memiliki struktur internal lebih ramping dibandingkan rambut bertekstur kasar.

Agar kondisi tekstur rambut yang halus tak mudah rusak, pemilik rambut tipe ini harus hati-hati dalam memilih produk. Jangan sampai rambut diterpa terlalu banyak kandungan-kandungan yang justru tak dibutuhkan. Tentu tak ingin, kan, rambut menjadi tak sehat akibat terlalu sering berganti produk perawatan?

BACA JUGA:  Kilaukan Rambut cantik dengan Masker Cokelat

Berikut tips menjaga mahkota rambut Anda agar tetap sehat dan bervolume.

 

Perawatan
Konsumsi makanan berprotein
Daging tanpa lemak, telur, susu, dan keju adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk menyuburkan rambut serta menguatkan akarnya. Ini karena rambut terbuat dan tumbuh dari protein. Selain itu, asupan vitamin B6, B12, E, dan omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan rambut.

1. Cukupi kebutuhan zat besi
Kekurangan zat besi dapat membuat pertumbuhan rambut lambat dan kurang subur. Biasakan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, dan gandum, agar pertumbuhan akar rambut semakin subur dan tebal.

 
BACA JUGA:  Tips Bila Anak Kita Tidak Mau Sekolah

2. Pilih sisir yang tepat
Hindari merapikan rambut menggunakan sisir bergerigi rapat. Sebaiknya, gunakan sisir bergerigi jarang atau cukup menggunakan jari agar rambut lebih mengembang.

Penataan
1. Berikan sentuhan warna
Highlight di rambut membuatnya terlihat segar dan bervolume. Kuncinya, pilih warna yang tidak terlalu terang seperti pirang, namun juga tak terlalu gelap. Perhatikan juga warna di kulit kepala Anda.

 

2. Terapkan potongan rambut yang pas
a. Layer cut:  Teknik potongan layer yang dibuat bertumpuk-tumpuk akan memberi kesan lebih bervolume pada rambut bertekstur halus dan lemas. Potong rambut bagian dalam lebih pendek beberapa sentimeter dibanding rambut bagian luar.

b. Blow dry : Teknik pengeringan ini bisa menjadi cara terbaik untuk membuat tampilan rambut terlihat penuh dan berisi. Ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memiliki rambut tebal dan bervolume.

BACA JUGA:  Tips Mengatasi Kerusakan Rambut dengan Buah

c. Pixie cut: Potongan rambut yang sangat pendek seperti model pixie adalah solusi jitu untuk pemilik rambut halus dan lemas. Pasalnya, rambut model ini akan membuat tekstur rambut tersamarkan karena potongannya tak terlalu panjang. Gunakan mousse atau hair spray untuk membentuk tatanan yang bervolume.

d. Keriting : Gaya rambut keriting atau bergelombang juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada rambut panjang dan tipis. Sehingga, tekstur rambut yang kelewat halus pun tak lagi terlihat lemas karena model rambut gelombang dan keriting secara alami akan menciptakan volume.