Pentingnya Jalan Kaki Buat Wanita Hamil


Pentingnya Jalan Kaki Buat Wanita HamilBerolahraga sangat penting buat wanita yang sedang mengandung walaupun itu hanya sekedar berjalan-jalan cobalah berjalan pelan hingga kecepatan 20-30 menit. Menurut American College of Obstetricians dan Gynecologists, Anda dapat melakukan olahraga ringan selama 30 menit atau lebih setiap hari dalam seminggu, asalkan sudah mendapatkan izin dari dokter kandungan atau bidan Anda.

Tips Trimester Pertama
1. Pastikan sepatu yang Anda gunakan mendukung pergelangan kaki dan lengkungan telapak kaki.
2. Jangan lupa, sebelum keluar rumah, lindungi kulit dengan tabir surya (tak peduli apakah itu di musim kemarau atau hujan). Kenakan topi dan bawalah selalu semprotan berisi air untuk mendinginkan wajah.
3. Bawalah air minum untuk menghindari dehidrasi yang dapat menyebabkan kontraksi dan meningkatkan suhu tubuh.
4. Jika suhu udara di luar sangat panas, Anda bisa berjalan-jalan di mal yang ber-AC atau dengan treadmill di gym.

BACA JUGA:  5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Tips Trimester Kedua
1. Tips berjalan kaki selama kehamilan di trimester kedua tidak jauh berbeda dengan trimester pertama. Yakni dengan tetap mengenakan sepatu yang mendukung kaki, melindungi kulit dari sinar matahari, dan menghindari dehidrasi.
2. Saat ini, gerak Anda mungkin lebih kaku dari sebelumnya. Jadi, perhatikan postur tubuh Anda untuk menghindari ketegangan pada punggung.
3. Ketika berjalan,  jaga tingkat dagu, posisikan pinggul  di bawah bahu untuk menghindari goyangan di punggung, dan tetap arahkan pandangan ke depan. Ayunkan lengan untuk keseimbangan dan mengintensifkan latihan.
4. Ajaklah seseorang, seperti suami atau anggota keluarga lain, untuk menemani dan memotivasi Anda.
5. Jangan berjalan di daerah yang gelap agar terhindar dari risiko tersandung dan jatuh.

 
BACA JUGA:  Cara Membatasi Konsumsi Garam Dalam Sehari

Tips Trimester Ketiga
1. Pertahankan regimen berjalan Anda selama Anda bisa, dan hindari hiking trails  atau medan yang tidak rata agar Anda tidak kehilangan keseimbangan.
2. Ketika waktu persalinan sudah dekat, pertimbangkan untuk melakukan latihan di sekitar rumah. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih aman karena berada dekat rumah dan mobil  jika terjadi sesuatu yang darurat.

Tanda-tanda Peringatan
1. Jangan berjalan terlalu jauh atau lama sampai-sampai Anda merasa lelah atau sesak napas. Jangan memaksakan diri berlatih hingga di luar batas kekuatan tubuh Anda. Itu sama saja Anda “mencuri” oksigen yang seharusnya digunakan oleh bayi Anda.
2. Segera berhenti berjalan jika Anda memiliki salah satu dari gejala berikut: perdarahan vagina, kesulitan bernapas, pusing, nyeri dada, kelemahan otot, nyeri betis atau bengkak, persalinan prematur, penurunan gerakan janin, kebocoran cairan ketuban, atau kontraksi.