Bahaya Iritasi Akibat Penggunaan Produk Kecantikan


Bahaya Iritasi Akibat Penggunaan Produk KecantikanLUTIMNEWS.COM – Dalam urusan kecantikan tentu para wanita yang didahulukan karena para wanita sangat memperhatikan kecantikan mereka. Menjadikan kulit menjadi lebih cantik dan cerah,  tentu banyak bahan yang dapat digunakan namun, secara garis besar ada dua bahan yang dapat digunakan yaitu secara alami dan produk kecantikan yang banyak dijual dipasaran atau situs-situs online. Kebanyakan orang, biasanya lebih suka menggunakan produk kecantikan kulit dibandingkan dengan menggunakan bahan alami karena mereka percaya bahwa mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan produk-produk tersebut.

Yang terpenting anda ketahui, khususnya para wanita jika tidak semua produk kecantikan cocok dengan kulit. Anda harus tahu betul jika produk yang anda gunakan dapat membuat kulit anda semakin cantik dan bercerah. Beberapa kulit sangat sensitif dan bisa memicu iritasi fatal. Supaya terhindar dari iritasi fatal, kenali tanda-tanda iritasi gara-gara produk kecantikan pada kulit.

BACA JUGA:  Tips dan Cara Melembutkan Bulu Kemaluan

1. Rasa panas
Ketika beberapa saat setelah menggunakan produk kosmetik dalam bentuk apapun dan terasa panas, berarti kita tidak cocok. Rasa panas terbakar termasuk dalam gejala iritasi. Kalau kita terus biarkan tanpa penanganan, kulit kita bisa lebih parah dan meradang.

 

2. Ruam atau kemerahan
Tanda iritasi gara-gara produk kecantikan lain biasanya muncul bercak merah atau ruam. Ada yang bentuknya berkumpul pada satu titik ada yang menyebar. Bercak merah ini bisa berupa titik merah, biang keringat atau jerawat. Iritasi jenis ini juga bisa menyerang bagian sensitif atau kulit tipis pada kulit, seperti pada area mata dan bibir.

BACA JUGA:  Kilaukan Rambut cantik dengan Masker Cokelat

Untuk penanganan ruam, bisa segera dikonsultasi dengan dokter supaya mendapat penanganan ekstra daripada merawat dengan cara yang salah dan membuatnya semakin parah.

 

3. Gatal
Saat terjadi alergi biasanya sel kulit kita bereaksi membuat perlindungan untuk melawannya. Salah satu bentuk yang ditimbulkan adalah rasa gatal. Rasa gatal bisa terjadi sangat ringan, ringan bahkan parah. Penanganan saat kulit kita gatal, sebaiknya jangan pernah menggaruknya. Karena akan menyebabkan trauma kulit dan membuat luka yang membekas.

BACA JUGA:  Tips Tampil Cantik dengan Make Up Natural di Hari Pernikahan

Saat terjadi iritasi, segera lakukan pertolongan pertama dengan cara membersihkan bagian yang teraplikasi dengan produk tersebut. Jangan menggunakan apapun supaya tidak memperburuk keadaan. Bila terjadi iritasi seperti ruam atau bercak kemerahan, segera ke dokter.

 

Dokter akan memberikan pertolongan medis yang sesuai dengan jenis ruam. Untuk menghindari iritasi, selalu coba produk tersebut sebelum membelinya. Oleskan sedikit di bagian tangan bagian dalam atau belakang telinga. Kalau selama 30 menit tidak terjadi masalah, berarti kita bisa menggunakannya.