Tips Aman Belanja Online


Tips Aman Belanja Online
Tips Aman Belanja Online

LUTIMNEWS.COM – Selain bisa dilakukan di pasar, mini market, dan tempat lainnya. Belanja juga dapat Anda lakukan secara online, tinggal pesan, barang langsung di bawah ke tempat Anda.

Namun Anda harus waspada saat belanja online. Karena sudah banyak situs online yang hanya ingin menipu calon pembeli. Nah, agar Anda tidak tertipu seperti ini, langsung saja Anda simak berikut ini;

 
BACA JUGA:  Tips Rayakan Natal yang Romantis untuk Pasangan Jarak Jauh

Pilih Toko Online yang Terpercaya

Pilihlah toko online yang sudah terkenal. Karena toko online tersebut akan berusaha menjaga nama baik toko online-nya. Pilihlah situs resmi seperti Kaskus, OLX, dan Berniaga.

 

Lihat Foto Barang Yang Dijual

Perhatikan foto barang yang dipajang di situs online, apakah hasil download atau tidak. Langkah-langkahnya klik kanan gambar kemudian “Search Google for this image”. Jika fotonya sedikit, berarti itu asli., begitu juga sebaliknya.

 
BACA JUGA:  Cara Mudah Hilangkan Stres Saat Bekerja

Ajak Ketemuan

Semua situs jual beli harus dilakukan dengan bertemu langsung, bukan melalui transfer. Kamu juga bisa melakukan penawaran, setelah itu barulah ketemuan atau COD.

Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya saat si penjual memberikan jaminan berupa foto KTP, SIM, dan lain sebagainya. Karena sudah banyak aplikasi untuk pembuatan surat-surat seperti KTP palsu.