Cara Melakukan Sterilisasi Alat Kesehatan


Cara Melakukan Sterilisasi Alat KesehatanSterilisasi adalah satu proses untuk menghilangkan seluruh mikroorganisme dari alat kesehatan ternasuk endospora bakteri, sterilisasi ini merupakan cara yang paling aman dan yang paling efektif untuk pengelolaan alat kesehatan yang berhubungan langsung dengan darah atau jaringan dibawah kulit yang secara normal bersifat steril.

Sterilisasi dapat dilakukan dengan dua cara yakni :

 

Sterilisasi Secara Fisik

Sterilisasi secara fisik dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

Pemanasan

 

Pada pemanasan dengan oven dibutuhkan panas setinggi 150-170 C dengan waktu yang lebih lama dari autoklaf. Sebagai gambaran untuk mematikan spora dibutuhkan waktu  dua jam dengan suhu 180 C

BACA:  Proses Disinfeksi dan Penyimpanan Alat Kesehatan di Rumah Sakit

Radiasi

Dengan menggunakan sinar gamma, namun cara ini tidak sesuai untuk sterilisasi skala kecil seperti rumah sakit apalagi puskesmas karena sangat mahal. Cara ini hanya digunakan untuk industri besar dalam jumlah besar, seperti jarum suntik dan semprit sekali pakai, alat infus.

Penyaringan
Merupakan cara yang dipakai untuk larutan yang tidak tahan panas seperti serum, plasma atau vaksin. Sterilisasi ini menggunakan saringan atau filter yang terbuat dari selulosa berpori. Ukuran penyaring untuk sterilisasi adalah 0,22 nm Yang berarti lebih kecil dari bakteri.

BACA:  Dekontaminasi dan Pembersihan Alat Kesehatan di RS

Sterilisasi Secara Kimia

Sterilisasi secara kimia dapat dilakukan dengan menggunakan:

  1. Gluteraldehid
  2. Gas etilin oksida