Referat Kedokteran: Gagal Ginjal Akut Pre-Renal


Gambar Gagal Ginjal AkutPenyebab gagal ginjal akut (GGA) pre-renal adalah hipoperfusi ginjal. Hipoperfusi dapat disebabkan oleh  hipovolemia atau menurunnya volume sirkulasi yang efektif. Pada GGA pre-renal integritas jaringan ginjal masih terpelihara sehingga prognosis dapat lebih baik apabila faktor penyebab dapat dikoreksi.

Apabila upaya perbaikan hipoperfusi ginjal tidak berhasil maka akan timbul GGA renal berupa Nekrosis Tubular Akut (NTA) karena iskemia. Keadaan ini dapat timbul sebagai akibat bermacam-macam penyakit. Pada kondisi ini fungsi otoregulasi ginjal akan berupaya mempertahankan tekanan perfusi, melalui mekanisme vasodilatasi intrarenal.

 

Dalam keadaan normal, aliran darah ginjal dan LFG relatif konstan, diatur oleh suatu mekanisme yang disebut otoregulasi. GGA pre-renal disebabkan oleh hipovolemia, penurunan volume efektif intravaskular seperti pada sepsis dan gagal jantung serta disebabkan oleh gangguan hemodinamik intra-renal seperti pada pemakaian anti-inflamasi non-steroid, obat yang menghambat angiotensin dan pada sindrom hepatorenal.

BACA:  Referat Kedokteran: Diagnosis dan Patofisiologi Gagal Ginjal Akut (GGA)

Pada keadaan hipovolemia akan terjadi penurunan tekanan darah, yang akan mengaktivasi baroreseptor kardiovaskular yang selanjutnya mengaktivasi system saraf simpatis, sistem renin-angiotensin serta merangsang pelepasan vasopressin dan endothelin-1 (ET-1) yang merupakan mekanisme tubuh untuk mempertahankan tekanan darah dan curah jantung serta perfusi serebral.

 

Pada keadaan ini mekanisme otoregulasi ginjal akan mempertahankan aliran darah ginjal dan LFG dengan vasodilatasi arteriol afferen yang dipengaruhi oleh refleks miogenik serta prostaglandin dan nitric oxide (NO), serta vasokonstriksi arteriol efferen yang terutama dipengaruhi oleh angiotensin-II (A-II) dan ET-I. Mekanisme ini bertujuan untuk mempertahankan homeostasis intrarenal.

BACA:  Referat Kedokteran: Gagal Ginjal Akut (GGA) Post-Renal

Pada hipoperfusi ginjal yang berat (tekanan arteri rata-rata <70mmHg) serta berlangsung dalam jangka waktu lama, maka mekanisme otoregulasi tersebut akan terganggu, dimana arteriol afferent mengalami vasokonstriksi, terjadi kontraksi mesangial dan peningkatan reabsorbsi Na⁺ dan air. Keadaan ini disebut pre-renal atau GGA fungsional, dimana belum terjadi kerusakan struktural dari ginjal.

Penanganan terhadap penyebab hipoperfusi akan memperbaiki homeostasis intra-renal menjadi normal kembali. Otoregulasi ginjal bisa dipengaruhi beberapa obat seperti ACEI/ARB, NSAID, terutama pada pasien-pasien berusia diatas 60 tahun dengan kadar serum kreatinin 2 mg/dL sehingga dapat terjadi GGA pre-renal.

BACA:  Referat Kedokteran: Insidens, Epidemiologi dan Etiologi Pneumotoraks

Proses ini lebih mudah terjadi pada kondisi hiponatremia, hipotensi, penggunaan diuretic, sirosis hati dan gagal jantung. Perlu diingat bahwa pada pasien usia lanjut dapat timbul keadaan-keadaan yang merupakan risiko GGA pre-renal seperti penyempitan pembuluh darah ginjal (penyakit renovaskular), penyakit ginjal polikistik, dan nefrosklerosis intrarenal.