Askep Kardiomegali (Pembengkakan Jantung)


LUTIMNEWS.COM – Jika Anda pernah mendengar kata jantung bengkak, berarti yang dimaksud adalah telah terjadi sesuatu pada jantung sehingga terjadi pembengkakan. Istilah jantung bengkak biasanya istilahkan oleh dokter untuk mereka yang awan dengan hal ini. Dalam bahasa medis istilah ini disebut dengan Kardiomegali (Cardiomegaly).

Askep Kardiomegali (Pembengkakan Jantung)Pembengkakan pada jantung (kardiomegali) bukanlah sebuah penyakit, melainkan tanda kondisi lain. Istilah “kardiomegali” mengacu pada pembesaran jantung terlihat saat melakukan tes yang dilakukan dengan X-ray. Tes lainnya kemudian diperlukan untuk mendiagnosa kondisi yang menyebabkan pembesaran jantung Anda.

 

Pembengkakan pada jantung, akan semakin berkembang jika tubuh Anda mengalami stres, seperti kehamilan, atau karena kondisi medis, seperti melemahnya otot jantung, penyakit arteri koroner, masalah katup jantung atau irama jantung yang abnormal.

Kondisi tertentu dapat menyebabkan otot jantung menebal atau salah satu bilik jantung membesar, membuat jantung lebih besar. Tergantung pada kondisi, pembesaran jantung bisa sementara atau permanen.

 

Hati membesar dapat diobati dengan memperbaiki penyebabnya. Pengobatan untuk pembesaran jantung dapat mencakup obat-obatan, prosedur medis atau operasi.

Gejala dan Penyebab

Gejala

Pada beberapa orang, pembesaran jantung tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala. Namun jika Anda mendapati tubuh Anda dengan tanda-tanda dan gejala berikut maka besar kemungkinan Anda mengalami masalah ini:

  • Sesak napas
  • Irama jantung yang abnormal (aritmia)
  • Pembengkakan (edema)

Ketika ke dokter

Pembesaran jantung lebih mudah untuk diobati jika diketahui penyebabnya sejak dini, sehingga saat melakukan pemeriksaan dokter Anda akan mengetahui tindak lanjutnya. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang mungkin berhubungan dengan jantung Anda Sebaiknya secepatnya untuk kedokter yang ahli dalam bidangnya. Jika mengalami hal dibawah ini maka segerahlah untuk menemui dokter:

  • Sakit dada.
  • Ketidaknyamanan di area lain dari tubuh bagian atas, termasuk salah satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut.
  • Sesak napas berat
  • Pingsan

Penyebab

Pembesaran jantung dapat disebabkan oleh kondisi yang menyebabkan jantung untuk memompa lebih keras dari biasanya atau yang merusak otot jantung Anda. Kadang-kadang jantung membesar dan menjadi lemah karena alasan yang tidak diketahui (idiopathic).

Jika Anda terlahir dengan kondisi jantung (kongenital), kerusakan dari serangan jantung atau detak jantung yang abnormal (aritmia) dapat menyebabkan hati Anda untuk memperbesar. kondisi lain yang terkait dengan pembesaran jantung meliputi:

Tekanan darah tinggi. hati Anda mungkin harus memompa lebih keras untuk memberikan darah ke seluruh tubuh Anda, memperbesar dan penebalan otot. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan ventrikel kiri untuk memperbesar, menyebabkan otot jantung akhirnya melemah.  Tekanan darah tinggi juga dapat memperbesar ruang atas jantung Anda (atrium).

Penyakit katup jantung. Empat katup di dalam hati Anda menjaga darah mengalir ke arah yang benar. Jika katup rusak oleh kondisi seperti demam rematik, kelainan jantung, infeksi (endokarditis infeksius), gangguan jaringan ikat, obat-obatan tertentu atau pengobatan radiasi untuk kanker, maka jantung Anda bisa membesar.

BACA:  Diagnosis dan Penatalaksanaan Pada Kardiomiopati Kongestif

Penyakit otot jantung (kardiomiopati). Sebagai penebalan ini dan kaku dari kemajuan otot jantung, jantung Anda bisa membesar untuk mencoba untuk memompa lebih banyak darah ke tubuh Anda.

Tekanan darah tinggi pada arteri yang menghubungkan jantung dan paru-paru (hipertensi pulmonal). Hati Anda mungkin perlu untuk memompa lebih keras untuk memindahkan darah antara paru-paru dan jantung Anda. Akibatnya, sisi kanan jantung Anda bisa membesar.

Cairan di sekitar jantung (efusi perikardial) Anda. Akumulasi cairan di kantung (perikardium) yang berisi hati Anda dapat menyebabkan hati Anda untuk tampak membesar pada dada X-ray.

Count rendah sel darah merah (anemia). Anemia adalah suatu kondisi di mana tidak ada cukup sel darah merah untuk membawa oksigen yang memadai untuk jaringan Anda. Diobati, anemia kronis dapat menyebabkan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur. jantung Anda harus memompa lebih banyak darah untuk menebus kekurangan oksigen dalam darah.

Gangguan tiroid. Kedua kelenjar kurang aktif tiroid (hipotiroidisme) dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat menyebabkan masalah jantung, termasuk pembesaran jantung.

Besi yang berlebihan di dalam tubuh (hemochromatosis). Hemochromatosis adalah gangguan di mana tubuh Anda tidak benar metabolisme besi, menyebabkan ia membangun di berbagai organ, termasuk jantung Anda. Hal ini dapat menyebabkan ventrikel kiri membesar karena melemahnya otot jantung.

Penyakit langka yang dapat mempengaruhi hati Anda, seperti amiloidosis. Amiloidosis adalah suatu kondisi di mana protein abnormal beredar dalam darah dan dapat disimpan dalam hati, mengganggu fungsi jantung Anda dan menyebabkan untuk memperbesar.

Faktor risiko

Anda mungkin memiliki risiko lebih besar terkena pembesaran jantung jika Anda memiliki faktor risiko berikut:

Tekanan darah tinggi. Memiliki pengukuran tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter air raksa menempatkan Anda pada peningkatan risiko mengembangkan pembesaran jantung.

Sebuah riwayat keluarga hati membesar atau kardiomiopati. Jika anggota keluarga dekat, seperti orang tua atau saudara, telah memiliki pembesaran jantung, Anda mungkin lebih rentan untuk mengembangkan kondisi tersebut.

Arteri yang tersumbat di dalam hati Anda (penyakit arteri koroner). Dengan kondisi ini, plak lemak dalam arteri jantung Anda menghalangi aliran darah melalui pembuluh jantung Anda, yang dapat menyebabkan serangan jantung. Ketika suatu bagian otot jantung mati, jantung Anda harus memompa lebih keras untuk mendapatkan darah yang cukup ke seluruh tubuh Anda, menyebabkan ia untuk memperbesar.

Penyakit jantung bawaan. Jika Anda lahir dengan kondisi yang mempengaruhi struktur jantung Anda, Anda mungkin berisiko mengalami pembesaran jantung.

Penyakit katup jantung. Jantung memiliki empat katup – aorta, mitral, paru dan trikuspid – yang membuka dan menutup untuk mengarahkan aliran darah melalui jantung Anda. Kondisi yang merusak katup dapat menyebabkan jantung untuk memperbesar.

BACA:  Diagnosis dan Penatalaksanaan Pada Takikardi Atrial Paroksismal

Serangan jantung. Mengalami serangan jantung meningkatkan resiko terkena pembesaran jantung.

Komplikasi

Risiko komplikasi dari pembesaran jantung tergantung pada bagian dari jantung yang membesar dan penyebabnya.
Komplikasi pembesaran jantung dapat mencakup:

Gagal jantung. Salah satu jenis yang paling serius dari pembesaran jantung, ventrikel kiri membesar meningkatkan risiko gagal jantung. Pada gagal jantung, otot jantung Anda melemah, dan ventrikel stretch (membesar) ke titik bahwa jantung tidak dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh Anda.

Pembekuan darah. Memiliki pembesaran jantung dapat membuat Anda lebih rentan terhadap pembentukan bekuan darah di selaput jantung Anda. Jika gumpalan memasuki aliran darah Anda, mereka dapat memblokir aliran darah ke organ-organ vital, bahkan menyebabkan serangan jantung atau stroke. Gumpalan yang berkembang di sisi kanan jantung Anda dapat melakukan perjalanan ke paru-paru Anda, kondisi berbahaya yang disebut emboli paru.

Murmur jantung. Bagi orang yang memiliki pembesaran jantung, dua dari empat katup jantung – mitral dan katup trikuspid – mungkin tidak menutup dengan benar karena mereka menjadi melebar, yang mengarah ke aliran balik darah. Aliran ini menciptakan suara yang disebut murmur jantung. Meskipun tidak selalu berbahaya, murmur jantung harus dipantau oleh dokter Anda.

Serangan jantung dan kematian mendadak. Beberapa bentuk pembesaran jantung dapat menyebabkan gangguan irama detak jantung Anda. irama jantung terlalu lambat untuk bergerak darah atau terlalu cepat untuk memungkinkan jantung untuk mengalahkan benar dapat mengakibatkan pingsan atau, dalam beberapa kasus, serangan jantung atau kematian mendadak.

Diagnosa

Jika Anda memiliki gejala-gejala dari masalah jantung, dokter akan melakukan pemeriksaan dan ketertiban fisik tes untuk menentukan apakah hati Anda membesar dan untuk menemukan penyebab kondisi Anda. Tes-tes ini mungkin termasuk:

X-ray. Gambar X-ray membantu dokter melihat kondisi paru-paru dan jantung. Jika hati Anda diperbesar pada X-ray, tes lainnya biasanya akan diperlukan untuk menemukan penyebabnya.

Elektrokardiogram. Tes ini mencatat aktivitas listrik jantung Anda melalui elektroda menempel pada kulit Anda. Impuls dicatat sebagai gelombang dan ditampilkan pada monitor atau dicetak di atas kertas. Tes ini membantu dokter mendiagnosa masalah irama jantung dan kerusakan hati Anda dari serangan jantung.

Echocardiogram. Tes ini untuk mendiagnosis dan pemantauan pembesaran jantung menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar video dari hati Anda. Dengan tes ini, empat bilik jantung dapat dievaluasi.

Dokter Anda dapat menggunakan hasil untuk melihat seberapa efisien jantung Anda memompa, menentukan ruang jantung Anda membesar, mencari bukti serangan jantung sebelumnya dan menentukan apakah Anda memiliki penyakit jantung bawaan.

BACA:  Diagnosis dan Penatalaksanaan Pada Insufisiensi Mitral

Tes stres. Sebuah tes stres, juga disebut tes latihan stres, memberikan informasi tentang seberapa baik jantung Anda bekerja selama aktivitas fisik. Tes latihan stres biasanya melibatkan berjalan di treadmill atau bersepeda statis saat Anda irama jantung, tekanan darah dan pernapasan dimonitor.

Jantung computerized tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI). Dalam CT scan jantung, Anda berbaring di meja di dalam mesin berbentuk donat yang disebut gantry a. Tabung X-ray di dalam mesin berputar di sekitar tubuh Anda dan mengumpulkan gambar dari hati dan dada. Dalam MRI jantung, Anda berbaring di meja di dalam mesin seperti tabung panjang yang menggunakan lapangan dan radio magnet gelombang untuk menghasilkan sinyal yang membuat gambar hati Anda.

Tes darah. Dokter Anda mungkin meminta tes darah untuk mengecek kadar zat tertentu dalam darah Anda yang mungkin mengarah ke masalah jantung. Tes darah juga dapat membantu aturan dokter keluar kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala Anda.

Kateterisasi jantung dan biopsi. Dalam prosedur ini, tabung tipis (kateter) dimasukkan di pangkal paha dan berulir melalui pembuluh darah ke jantung, di mana contoh kecil (biopsi) dari hati Anda, jika diindikasikan, dapat diekstraksi untuk analisis laboratorium.

Tekanan dalam ruang jantung Anda dapat diukur untuk melihat bagaimana paksa memompa darah melalui jantung Anda. Gambar arteri jantung dapat diambil selama prosedur (angiogram koroner) untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki penyumbatan.

Pengobatan

Ada beberapa tips untuk mengatasi jantung bengkak, meskipun sulit untuk dapat menyembuhkannya. Dokter merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kondisi Anda sebagai berikut:

  • Berhenti merokok.
  • Menurunkan berat badan berlebih.
  • Batasi jumlah garam dalam makanan.
  • Mengendalikan diabetes jika ada.
  • Memonitor tekanan darah secara rutin.
  • Hindari alkohol dan kafein.
  • Istirahat cukup dengan tidur delapan jam setiap malam.
  • Melakukan latihan atau oleh raga sederhana sesuai rekomendasi dokter.

Di samping itu patuhi juga pengobatan jantung bengkak yang diberikan oleh dokter yang biasanya meliputi:

Diuretik. Obat jantung bengkak ini berfungsi menurunkan jumlah natrium dan air dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban jantung.

Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor. untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kemampuan jantung memompa.

Angiotensin receptor blocker (ARB). untuk memberikan manfaat seperti ACE inhibitor bagi mereka yang tidak dapat meminum ACE inhibitor misalnya karena alergi.

Beta blockers untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Digoxin. Obat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pemompaan jantung.

Antikoagulan untuk mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Itulah ringkasan mengenai jantung bengkak mulai dari definisi hingga pengobatannya, semoga bermanfaat.