Tekanan Ban Yang Tepat Untuk Mobil Sesuai Dengan Ukuran Pabrikan


Tekanan Ban Yang Tepat Untuk Mobil Sesuai Dengan Ukuran PabrikanYang satu ini kadang kita sering tidak peduli padahal simpel dan mudah, yaitu menjaga tekanan angin ban mobil. Pastinya sangat mudah dan tidak membuat repot. Cara yang paling murah dan mudah, hanya saja ke tukang tambal ban pinggir jalan.

Untuk yang satu ini kita hanya siapkan uang Rp 1.000 untuk satu roda, dalam artian Rp.4000 untuk melakukan pengecekan tekanan ban di tukang tambal ban pinggir jalan. Dan yang paling penting, pastikan tekanan angin ban harus terukur dengan baik.

Adang Apandi, selaku Manager-Product Technical, PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial dan IRC. mengatakan, “Pengecekan tekanan angin harus dilakukan minimal sebulan sekali. Karena normalnya tiap satu bulan, tekanan angin akan berkurang hingga 1 psi.”

 

Pastikan kondisi tekanan angin pada ban sesuai ukuran dari pabrikan mobil. Untuk melihat ukuran tekanan ban, ada pada buku panduan atau di sticker peringatan yang ada di pilar pintu pengemudi. Tetapi, kadang tukang tambal juga sudah tahu ukuran ban. Tapi itu bila kondisi ban masih standar. Bagaimana bila ban sudah tidak pakai bawaan pabrik?

Untuk ban yang sudah diganti atau bukan bawaan pabrik lagi tentunya ada perlakuan khusus. Jika mobil Anda memakai ban high performance atau ban yang memiliki aspec ratio 40 series (45, 40, 35) sebaiknya tekanan anginnya dinaikan antara 10 hingga 15 persen dari ban standarnya. papar Adang yang mengaku patokannya ini juga sama seperti yang direkomendasikan pabrikan ban di Eropa.

 

Misalkan dari 30 psi menjadi 33 sampai 35 psi. Ban high performance seperti GT Radial Champiro HPY memang sudah dianjurkan untuk memiliki tekanan angin yang agak tinggi. Pada umumnya ban high performance memiliki rade kompon yang lebih tinggi dibandingkan ban standard.

Pastinya Anda bertanya-tanya. Bagaimana dengan ban yang aspec ratio atau ketinggian bannya masih sesuai rekomendasi pabrik tapi hanya berbeda diameter pelek?

Jika ban yang aspec ratio masih tidak jauh berbeda dengan ban standarnya, Anda Masih bisa mengikuti rekomendasi tekanan angin yang diberikan oleh pabrikan mobil. Papar Adang.