Tips Makanan Sehat untuk Wanita


Tips Makanan Sehat untuk WanitaMakanan sehat sangat penting dalam diet sehat. Laki-laki atau perempuan, diet yang terdiri dari makanan sehat memberikan banyak manfaat bagi konsumen. Hal ini dapat membantu dalam penurunan berat badan, membantu Anda mendapatkan otot, mengurangi risiko penyakit dan membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan. Ada empat kategori utama dari mana Anda harus makan: karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein tanpa lemak dan buah-buahan dan sayuran.

Pedoman ini akan membantu Anda menyusun diet yang baik sehingga tubuh Anda tetap sehat dan tidak kekurangan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

 

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah salah satu yang terdiri dari biji-bijian, menyebabkan ia menjadi lebih lambat dipecah menjadi glukosa oleh tubuh Anda, sehingg energi yang dihasilkan dapat bertahan lama dan perut pun akan terasa penuh lebih lama. Beberapa contoh dari karbohidrat kompleks yaitu beras merah, oatmeal, ubi jalar dan sereal seperti “Semua Bran” dan “Shredded Wheat.” Anda juga bisa mendapatkan pasta, roti, pita, bagel dan setiap karbohidrat lainnya dalam berbagai gandum.

 
BACA JUGA:  Tips Menarik Perhatian Seorang Wanita

2. Lemak Sehat

Lemak sehat adalah bagian yang sangat penting dari diet seseorang. Berlawanan dengan kepercayaan populer, lemak tidak membuat Anda gemuk. USDA merekomendasikan bahwa Anda mengkonsumsi 20 sampai 35 persen dari kalori harian Anda dalam bentuk lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, selai kacang dan alpukat. Hal ini telah terbukti untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan termasuk fungsi dari otak, sel-sel, jantung, paru-paru, mata, dan banyak lagi. Lemak trans seperti yang ditemukan dalam keripik kentang, margarin dan makanan ringan lainnya harus dihindari sama sekali.

 
BACA JUGA:  Tips Menu Berbuka Puasa Khusus Wanita yang Menyusui

Protein

Protein berfunfsi sebagai pembangun/pembentuk otot tubuh. The “Institute of Medicine” merekomendasikan konsumsi 0,8 gram protein per setiap gram berat badan untuk orang dewasa. Jika Anda sedang mencoba membentuk otot, disarankan mengonsumsi protein hingga 20 sampai 25 persen dari asupan kalori harian Anda. Sumber protein yang baik dengan kandungan protein tinggi dan rendah lemak jenuh, seperti dada ayam, kacang-kacangan, ikan, daging sapi tanpa lemak dan telur.

Buah dan Sayuran

BACA JUGA:  Pentingnya Jalan Kaki Buat Wanita Hamil

Buah-buahan dan sayuran harus menjadi bagian dari diet setiap wanita karena merupakan sumber vitamin penting dan mineral yang rendah kalori dan sebagai sumber serat. Makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran warna yang berbeda akan membantu memastikan bahwa Anda menerima manfaat yang optimal dari mereka. Makanan ini juga akan membantu menjaga perut Anda terasa penuh tanpa mengisi pada kalori, karena itu membantu dalam penurunan berat badan atau membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Beberapa yang padat nutrisi adalah bayam, blueberry, mangga, melon, aprikot, brokoli, kentang manis dan wortel. USDA merekomendasikan bahwa orang dewasa harus mengkonsumsi 4,5 cangkir buah-buahan dan sayuran per hari.