Cara Mengobati Sakit Tenggorokan


Cara Mengobati Sakit Tenggorokan
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

LUTIMNEWS.COM – Apakah Anda pernah mengalami sakit tenggorokan? Jangan pernah menyepelekan sakit tersebut. Karena ternyata merupakan sebuah gejala dari banyak penyakit. Lalu, apa saja yang menyebabkan sakit tenggorokan?

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini:

 

Virus

Sakit tenggorokan disebabkan adanya infeksi virus yang disertai dengan penyakit lain seperti batuk atau flu. Seperti virus Epstein-Barr yang dapat mempengaruhi sistem limpa, pembengkakan pada amandel, dan gangguan pernafasan. Penularannya melalui tangan, menggunakan handuk atau alat makan bersama.

 
BACA JUGA:  Cara Menyegarkan Diri Di Pagi Hari

Bakteri

Bakteri penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri streptococcus. Bakteri ini akan menyerang jantung dan ginjal, radang paru-paru, sinusitis dan infeksi telinga. Ketika mengalami sakit tenggorokan dan disertai dengan rasa sakit saat menelan kesulitan bicara serta bernafas, disarankan untuk segera konsultasikan ke dokter. Karena mungkin saja penyakit tenggorokan yang dialami berbahaya.

 

Alergi dan Iritasi

Debu, polusi, dan cuaca ekstrim merupakan penyebab sakit tenggorokan. Bernafas melalui mulut karena hidung tersumbat adalah pemicu sakit tenggorokan. Untuk itu, selalu gunakan masker saat keluar rumah agar terhindar dari alergi dan iritasi.

BACA JUGA:  Tips Cara Mengobati Penyakit Kuning Secara Alami

Berikut adalah cara mengobati sakit tenggorokan:

• Sediakan air hangat yang telah dicampur 1/4 sendok makan perasan kunyit dan ½ sendok makan garam .Kemudian berkumurlah dengan ramuan tersebut
• Bagi menjadi beberapa ruas lidah buaya, kemudian Anda jadikan jus daging lidah buaya dengan sedikit air. Setelah itu, gunakan jus tersebut untuk berkumur.
• Minum air hangat dicampur 2 sendok makan perasan lemon. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari sebelum makan.
• Campuran perasan air jeruk nipis, madu dan parutan jahe bisa Anda minum untuk mengobati sakit tenggorokan.
• Minum susu hangat yang telah dicampur dengan madu dapat menyembuhkan sakit dan nyeri pada tenggorokan.